Manfaat dan Cara Tirakat untuk Membuka Mata Batin





Mengenai bagaimana cara tirakat untuk membuka mata batin yang benar akan memberikan pemahaman tersendiri dalam pikiran kita karena dengan melihat kembali pada manfaat tirakat itu sendiri akan membuktikan kepada kita mengenai sebuah lelaku yang kadang dikaitkan dengan keinginan untuk mendapatkan pencerahan dalam berbagai masalah kehidupan namun masih belum menemukan jalan terbaik sehingga manusia akan berusaha sekuat mungkin melalui keadaan tersebut. Memang tidak mudah menemukan keadaan terbaik dalam usaha manusia untuk mencapai titik terbaik dalam hidupnya demi mendapatkan jalan keluar terutama ketika sedang terkena masalah, akan lebih baik kita mendekatkan diri pada Sang Pencipta dengan banyak berdoa dan melakukan hal nyata demi tercapainya solusi terbaik dari keadaan tersebut. Hal ini akan membawa kita pada keadaan dimana orang mulai memikirkan mengenai usaha mencapai kedamaian dalam hidup dengan memahami kehidupan itu sendiri.

Banyak cara yang dapat dilakukan demi mengetahui apa sebenarnya kesalahan dalam diri kita dan merenungi keadaan sehingga mampu mengambil keputusan dengan cara terbaik, ini akan mendatangkan keadaan baru dalam kehidupan kita sehingga semua usaha akan mulai menampakkan hasil seperti yang di inginkan, misalnya ketika kita sedang ingin keluar dari kesulitan maka akan lebih baik membicarakan segala permasalahan dengan orang yang tepat untuk mencapai jalan keluar yang dikehendaki. Dengan demikian kita dapat berbagi masalah dengan orang yang tepat karena dengan begitu mulai akan muncul keadaan baru yang membuktikan seseorang mampu menjadi diri sendiri sehingga semua usaha akan mendatangkan kegunaan terbaik dalam kehidupan seseorang.

Sering orang menyamakan kalau tirakat itu adalah ketika kita tida tidur dimalam hari, sebenarnya manfaat tirakat itu sendiri sangat bagus untuk diri kita, terutama untuk jiwa. Dan lebih dari sekedar tidak tidur malam, tirakat atau lelaku prihatin adalah upaya untuk lebih mempertajam indera ke-enam dengan berlatih untuk hidup prihatin.

Orang Jawa sering menghubungkan lelaku atau tidak tidur di malam hari dengan melatih ketajaman mata hati sehingga batin akan menjadi jernih, mudah membedakan mana yang benar dan salah untuk dilakukan sehingga segala ujian hidup akan dapat dijalani dengan seksama tanpa khawatir akan salah mengambil keputusan. Ini akan membawa kita pada pelajaran paling berharga dalam mencapai tujuan kehidupan ini sehingga semua yang dilakukan akan membawa keadaan kearah yang paling baik sehingga semua akan dikatakan dapat mencapai tujuan akhir dari kehidupan ini dimana orang akan merasa sangat enak dalam kehidupannya tanpa memperhatikan keadaan sekeliling untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Lelaku tirakat dapat kita lakukan ketika ingin mendapatkan pencerahan jiwa dan agar cahaya batin kita lebih tajam, senantiasa waspada, dan memiliki naluri yang kuat akan hal-hal yang berada dalam alam bawah sadar kita.

Tirakat bukan hanya sekedar menahan kantuk, namun lebih kepada upaya kita untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, berdoa, dan menahan hawa nafsu demi kejernihan batin dan jiwa.

Mereka yang kuat dalam tirakat, konon memiliki kekuatan batin yang luar biasa, mampu mengetahui isyarat alam dan diberi kelebihan yang luar biasa dari manusia lumrah. Semua orang dapat menjalani lelaku tirakat ini, dengan niat yang tulus dan keyakinan tinggi, niscaya apa yang kita inginkan akan dikabulkan olehNya.

Nah, itulah sekilas tentang manfaat tirakat untuk kejernihan jiwa kita, dan berlatih bagaimana sebenarnya hidup ini. Semakin mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Memahami berbagai hal dalam hidup kadang membuat kita mengerti dengan baik apa yang harus dilakukan dan mungkin akan membawa perubahan dalam kehidupan kita dan bagaimana mencapai tujuan dalam hidup ini yang paling baik dalam kehidupan ini.



0 comments:

Post a Comment