Cerita Hantu Wewe Gombel yang Membawa Orang Hilang dan Anak Kecil




Mendengar tentang misteri hantu wewegombel kadang membuat kita berpikir jauh karena keadaan tersebut menyebabkan kita merasa tidak lega sebelum mengetahui lebih lanjut kelanjutan cerita wewe gombel yang suka membawa anak kecil yang nakal dan menangis terus. Ini dikaitkan dengan keadaan dimana seseorang sedang mengalami kesusahan maka tidak boleh melamun terutama disaat sore hari menjelang maghrib karena ada banyak hantu yang keluar untuk membawa mereka yang pikirannya sedang kosong. Hal ini akan menyebabkan kita kehilangan kesadaran ketika tidak ada lagi kemungkinan untuk menentukan arah pikiran yang sedang kalut karena terlalu bersedih akan sesuatu sehingga pikiran kita kosong, pikiran yang seperti ini akan menyebabkan orang mudah putus asa, melakukan hal diluar sewajarnya sehingga akan memudahkan setan dan makhluk lain menguasai pikiran manusia yang sedang bersedih.

Kemudian akan terjadi hal yang tidak di inginkan dimana orang akan mulai melakukan hal yang tidak wajar, sehingga ketika hantu mulai muncul seakan menjelma menjadi sosok yang sangat kita kenal. Sosok tersebut mengajak kita pergi ke suatu tempat yang menyenangkan sehingga kita tidak kuasa menolak, karena lagi banyak masalah tentu akan senang kalau ada orang yang mau menghibur kita.

Namun sebenarnya itu adalah jelmaan wewe gombel yang akan membawa mereka yang bersedih atau terlalu sulit melupakan masalahnya sehingga diajak terbang melayang tanpa menginjak tanah. Kadang kalau mereka yang sudah sadar bercerita, banyak pengalaman menarik yang dapat disimak misalnya seakan sosok seseorang mengajak melewati tebing dan jurang, padahal sebenarnya dia berjalan diatas air atau memanjat pohon yang tinggi.

wewe gombel

Ketika masih kecil dahulu, kita kadang ditakut-takuti sama orang tua kalau sering rewel atau tidak mau diam dikala senja menjelang malam. Katanya anak yang nakal nanti bisa 'digondol wewe' atau dalam bahasa Indonesia dibawa pergi oleh wewe gombel.

Ya, antara tahayul dan mitos, wewe gombel memang sosok makhluk gaib yang amat ditakuti terutama oleh anak kecil. Mengenai seperti apa bentuk atau gambar wewe gombel ini, belum ada yang dapat menjelaskan secara pastinya. Karena kalau ada kejadian orang yang diculik wewe, biasanya si wewe akan menjelma menyerupai orang yang sudah dikenal baik.

Oh ya, cerita tentang wewe gombel ini kalau ditempat saya bukan hanya dongeng atau mengada-ada, namun sebutannya bukan wewe gombel, namanya hanya 'wewe' saja. Dulu ketika saya kecil, sering kejadian orang hilang yang katanya dibawa oleh wewe. Dan kejadian tersebut memang biasanya terjadi pada waktu maghrib, dan sasarannya adalah orang yang sedang kosong pikirannya dan putus asa.

Dari keterangan para warga, saya pernah mendengar tentang cerita orang yang diculik wewe gombel, ketika mencari orang tersebut maka para warga membunyikan 'tampah' dan besi sambil membawa obor.

Katanya, orang yang dibawa wewe kalau berjalan tidak menyentuh tanah, bahkan pernah kejadian orang yang hilang itu ditemukan dalam keadaan terjebak diatas dahan pohon yang tinggi dan tidak bisa turun. Setelah orang hilang tersebut sadar, kalau ditanya siapa yang mengajak pergi, pasti mereka menjawab temannya atau orang yang sudah dai kenal. Kalau sampai terlambat tidak ditemukan, maka orang yang diculik wewe akan dibuat celaka oleh si wewe, misalnya dijatuhkan dari pohon yang tinggi.

Banyak cerita legenda yang kadang terdengar tidak masuk akal namun akan mulai terlihat apa yang terjadi ketika kita memahami lebih jauh keadaan sebenarnya dari cerita tersebut dan bukan kebenaran yang akan memberikan bukti kepada kita namun ada nasehat menarik dari legenda tersebut. Misalnya tentang wewe gombel yang memberikan nasehat supaya kita tidak bersedih terus dan selalu berpikir baik supaya pikiran tidak kosong karena orang yang sedih akan mudah terpengaruh dan melakukan hal yang tidak masuk akal.




loading...

2 comments:

  1. waduh... ini eyang bejo' dari tepus.....

    ReplyDelete
  2. Kalo dari pengalaman meditasi saya, wujud aslinya wewe berupa wanita telanjang dengan payudara super besar sekali hampir menyentuh tanah.

    ReplyDelete