Apakah Dosa Kalau Pemain Kuda Lumping/ Jathilan saat Kesurupan?




Proses kesurupan terjadi karena adanya gangguan makluk halus dari bangsa jin yang merasuk kedalam jasad hidup manusia. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang proses kesurupan pemain kuda lumping, yang mana dalam kondisi tersebut kesurupan terjadi karena memang ada unsur kesengajaan yaitu kerjasama dengan jin oleh sang pawang kuda lumping.

Pertanyaannya apakah dosa para pemain jathil tersebut? Karena dalam hal ini kesurupan memang disengaja dan makluk halus tersebut sengaja 'diundang' oleh sang ahli. Tentu berbeda dengan orang yang kerasuka makluk halus tanpa disengaja yang kadang juga kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenai dosa atau tidaknya ini tentu kita dapat menilai masing-masing, karena tentu jawaban tersebut dapat menimbulkan pro dan kontra. Namun ada pernyataan jelas bahwa kerjasam dengan jin itu merupakan suatu perbuatan dosa.

Namun terpulang kepada masing masing yang menjalani, kalau merasa mau menanggung resikonya tidak ada larangan untuk bekerja sama dengan makluk halus. Namun bagi kita yang tidak sependapat sebaiknya juga tidak terlalu mengutarakan ketidaksetujuan yang dapat menimbulkan perselisihan.




loading...

0 comments:

Post a Comment