Wedon, Penampakan Putih Tinggi dimalam Hari




Salah satu makhluk halus yang membuat takut dikalangan masyarakat Jawa adalah wedon, yaitu penampakan dengan sosok putih dan tinggi yang sering terlihat dimalam hari. Penampakan ini sering muncul menakuti mereka yang ketika bepergian sendiri merasa was-was dan memiliki perasaan takut, maka akan semakin besar kemungkinan makhluk halus ini akan menggoda dengan menampakkan wujudnya.

Menurut cerita orang tua-tua, wedon memiliki sosok berwarna putih, seperti tugu dengan tinggi mula-mula sekitar 1 meter, ketika memeprlihatkan wujudnya maka wedon semakin lama akan semakin tinggi hingga mencapai 3-4 meter, sebelum akhirnya mengecil dan hilang.

Wedon sering terlihat di pekarangan kosong atau dijalan sepi yang berada ditengah ladang. Banyak cerita tentang makhluk ghaib bernama wedon ini. Sebagian orang menyebutnya dengan nama 'antru bumi' yang merupakan bahasa Jawa dan apabila diartikan ke bahasa Indonesia antru bumi artinya penyangga bumi, mungkin karena wujudnya yang semakin lama bertambah tinggi hingga menjulang ke langit.

Dimasa sekarang penampakan wedon semakin jarang terjadi. Mungkin karena sudah tidak banyak tempat-tempat sepi dan gelap. Karena wedon ini akan muncul hanya dimalam hari yang gelap gulita, sehingga sosoknya yang putih bersih akan semakin terlihat menakutk4n.

Terakhir, didaerah penulis sekitar 3 bulan yang lalu ada seorang ibu-ibu yang keluar dari rumahnya yaitu ke halaman belakang yang berdekatan dengan pekarangan kosong. Waktu itu hari sudah malam sekitar jam 11 malam, ketika si ibu teriak-teriak karena melihat sosok putih tinggi dipekarangan kosong sebelah rumahnya. Dan menurut orang tua-tua, penampakan itu adalah wedon, karena si ibu teriak dan banyak orang yang datang, wedon tersebut terus menghilang sebelum berubah menjadi semakin tinggi.




loading...

0 comments:

Post a Comment