Cara Menghitung Hari Baik Pernikahan Menurut Weton Jawa




Sedikit berbagi mengenai cara menghitung hari baik pernikahan versi primbon Kejawen, karena pernikahan adalah bagian penting dalam hidup seseorang maka segala sesuatu yang berkaitan dengan momen ini akan selalu dicarikan perhitungan yang sangat teliti, penuh pertimbangan dan sebagainya. Tujuannya adalah supaya mendapatkan jalan yang lancar dan membawa kebaikan sehingga ikatan pernikahan akan menemui kebahagiaan, pasangan langgeng sampai mendapatkan anak sehingga dapat hidup berbahagia bersama suami atau istri dimasa depan nanti. Hal sekecil apapun patut dipertimbangkan ketika kita bicara mengenai cara menghitung weton sebelum menikah karena ini akan menentukan ke arah mana kita akan menjejakkan kaki untuk memulai hidup baru dalam berkeluarga, bukan saat ini atau nanti namun selamanya akan bersama orang yang sudah menjadi pasangan kita sehingga suka duka sudah pasti akan menjadi bumbu dalam pernikahan, harapannya semua itu akan dapat dilewati dengan baik sehingga menimbulkan berbagai macam warna baru dalam kehidupan dalam rumah tangga.

Menikah merupakan momen sakral yang ditunggu-tunggu, oleh karena itu tidak sembarangan orang mencari hari untuk menikah. Terutama bagi yang percaya akan hal-hal berbau tradisional, seperti masyarakat Jawa mereka memperhitungkan dengan matang sebelum menentukan hari baik untuk menikah yang akan dilangsungkan dalam jangka waktu tertentu.

Mencari waktu dan tempat dalam melangsungkan acara perkawinan memang bukan sembarang orang dapat memutuskannya, umumnya kita akan melakukan musyawarah bersama keluarga besar untuk mengetahui saat mana yang paling baik dalam melangsungkan acara ini. Hal sebesar ini memang tidak dapat diputuskan sendiri karena ini adalah waktu yang penting, sehingga sangat baik kalau kita selalu berusaha melakukan yang terbaik demi orang yang kita sayang karena sekecil apapun kesalahan maka itu akan mengakibatkan rasa kecewa, apalagi akan ada pembicaraan atau buah bibir yang akan membuat masalah semakin besar kalau sampai diketahui orang banyak.

Hal yang utama untuk menentukan cara menghitung hari bagus untuk menikah dan bulan yang tepat, yang harus diperhatikan adalah hari pasaran atau neptu pada bulan tersebut. Karena setiap hari yang dipadukan dengan pasaran memiliki neptu yang berbeda, dan memiliki makna berbeda pula menurut kepercayaan Jawa.

Selengkapnya tentang hitungan neptu hari sudah pernah saya bahas secara ringkas, silahkan baca disini untuk menyimak uraiannya.

Sebelum acara pernikahan berlangsung, sebagai calon pengantin setidaknya kita harus memiliki kesiapan mental karena ini akan sangat berguna apalagi itu merupakan waktu pertama kali dan harapannya adalah hanya sekali seumur hidup kita menjalani saat ini. Tidak mudah memang memutuskan hal besar seperti ini, namun akan lebih baik kalau kita meminta pertimbangan sanak famili untuk mencari hari dan tanggal pernikahan yang paling tepat, karena acara besar dan semua akan memerlukan dukungan keluarga kita sehingga dapat berjalan sesuai rencana.

Kalau sudah menemukan waktu yang tepat maka hal penting lainnya yang tidak boleh ditinggalkan adalah persiapan materi, karena mau tidak mau ini merupakan syarat pokok apalagi kalau hendak melangsungkan pesta pernikahan yang mengundang orang banyak. Otomatis memerlukan biaya tidak sedikit dan adanya kerjasama dengan orang lain, misalnya tetangga, kerabat dan orang yang sudah berpengalaman dalam hal seperti ini sehingga kita merasa tenang setelah mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari keluarga calon mempelai. Agar ini dapat berjalan dengan baik, maka perlu pemikiran yang matang sehingga semua yang kita putuskan adalah berdasarkan buah pemikiran yang dilandasi dengan perasaan hati, bukan karena emosi atau keinginan sesaat yang mungkin akan menimbulkan penyesalan kelak di kemudian hari.




loading...

1 comment:

  1. Anak kami lahir tgl 29 April 1991. Ybs ingin menikah tahun ini. Menurut Bapak perhitungan hari baiknya kapan untuk melangsungkan pernikahan untuk anak kami. Rencana menikah setelah Hari Raya Idhul Fitri. Mohon informasinya disampaikan via email : pahe2611@yahoo.com atu HP : 08121170234. Terima kasih

    ReplyDelete