Cerita Mpu Gandring, Keris yang digunakan Ken Arok




Keris Mpu Gandring sangat terkenal dan melegenda karena kehebatannya, yang mana keris yang digunakan ken arok tersebut adalah salah satu benda pusaka yang menjadi warisan Indonesia dari segi sejarah dan cerita yang melekat pada nama keris tersebut. Keris Mpu Gandring adalah benda pusaka sakti yang dibuat oleh seorang pandai besi yaitu Mpu Gandring, yang mana keris ini sangat populer dalam sejarah kerajaan Singasari.

Ken Arok memesan kepada Mpu Gandring untuk dibuatkan keris sakti, namun belum sempat empu tersebut menyelesaikan karyanya, ken arok sudah memaksanya untuk memakai keris tersebut. Untuk menguji kehebatan keris tersbut ken arok menusu'kkannya pada tubuh mpu gandring. Karena sebagian kesaktian mpu tersebut sudah ditransfer kedalam keris buatannya, maka dia meninggal oleh keris buatannya sendiri.

Pada detik-detik kematiannya, mpu gandring mengucapkan kutukan bahwa keris tersebut akan memakan kor'ban yaitu keturunan ken arok sampai 7 turunan. Dan ternyata memang berturut-turut keturunan raja Singhasari tersebut t3was oleh keris mpu gandring.

Demikianlah cerita singkat mengenai keris sakti dan fenomenal yaitu keris mpu gandring yang tidak memiliki sarung, karena sarungnya adalah badan si pemilik keris tersebut.

Sampai sekarang sejarah dari cerita keris tersebut masih sangat dikenal oleh masyarakat, dan tidak ada yang tahu kemana kini keris sakti warisan leluhur tersebut menghilang. Tak seperti keris semar mesem yang banyak digunakan oleh orang untuk benda pusaka atau jimat. (http://tersakti.blogspot.com)





loading...

1 comment: