Pengertian: Apa itu Jimat atau Azimat




Sering kita mendengar istilah pengertian jimat atau dalam bahasa Melayu diucapkan dengan ejaan azimat. Yang dimaksud dengan jimat adalah benda yang dikeramatkan atau dianggap memiliki kekuatan ghaib sehingga seringkali orang memperlakukan jimat dengan perlakuan khusus.

Azimat atau jimat umumnya memiliki pantangan tertentu yang harus ditaati oleh pemiliknya, yang mana kalau pantangan tersebut dilanggar maka akan menyebabkan hilangnya keampuhan atau kuasa dari jimat tersebut. Juga, dalam bulan-bulan tertentu kadang jimat dirituali seperti dimandikan dengan kembang tujuh rupa, dijampi-jampi, dll.

Kalau kata orang-orang Jawa zaman dahulu jimat berasal dari perkataan Jawa yaitu:
Jimat= siji sing dirumat

Maka dari itu jimat benar-benar di istimewakan dan dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Benda yang dinggap keramat dan memiliki kekuatan spiritual ini dapat berwujud batu antik, besi misalnya keris, potongan 0rgan tubuh binatang, kain, tulisan tertentu, dll.

Meskipun sudah memasuki era modern seperti sekarang ini namun masih banyak orang yang percaya akan kekuatan yang tersimpan dalam benda mati yang dikeramatkan atau jimat, yang kadang untuk memperoleh-nya diperlukan lelaku khusus atau dengan tirakat.




loading...

0 comments:

Post a Comment