Alasan Mengapa Pohon Beringin Angker




Kebanyakan masyarakat menganggap pohon beringin sebagai pohon yang memiliki penunggu berupa makhluk halus, dan anggapan bahwa pohon beringin adalah jenis pohon angker adalah sangat umum. Kalau kita cermati sebenarnya bukan hanya pohon beringin yang dianggap angker, ada beberapa jenis tumbuhan juga dipercaya menjadi 'rumah' bagi sebangsa jin dan makhluk ghaib lainnya, sebut saja pohon asem.

Kesan mistik dan seram yang melekat pada pohon beringin memang cukup kuat, hal ini dapat kita lihat dari akar-akar yang menggantung dengan bentuk pohon yang besar sehingga terkesan wingit bahkan menimbulkan kesan menakutkan bagi orang yang berada didekatnya.

pohon beringin angker

Menurut cerita orang tua-tua, kalau suatu pohon beringin dari kecil sudah dianggap memiliki penunggu dan diberikan sesaji, dibalut kain putih, atau diberi 'panjang ilang' maka lama-kelamaan pohon tersebut akan dihuni makhluk halus dan menjadi angker.

Pohon beringin dapat menjadi media atau rumah tempat tinggal bagi makhluk halus karena area dimana pohon tersebut tumbuh dapat menciptakan ruang tersendiri dalam sisi dunia yang berbeda, yaitu alam ghaib. Maka tak heran kalau kita sering mendengar cerita seram istana jin atau tempat tinggal jin yang kalau kita lihat di alam nyata berupa pepohonan atau batu besar yang umurnya ratusan tahun.

Beberapa benda seperti pohon atau batu yang umurnya cukup tua memang dapat ditinggali oleh makhluk yang tak dapat kita lihat dengan mata biasa, dan tempat tinggal yang dimaksud disini bukan benar-benar tinggal didalam pohon tersebut namun tentunya di alam yang berbeda.




loading...

1 comment: