Misteri Penampakan dan Cerita Pulung Gantung di Gunungkidul




Mendengar cerita penampakan pulung gantung di Gunungkidul rasanya memang sedikit aneh, karena adanya misteri hantu pulung gantung ini sering dihubungkan dengan isyarat tertentu menurut kepercayaan masyarakat disana. Dengan kata lain, orang akan mulai memikirkan bagaimana kesan dan perasaan ketika mendengar adanya kasus kematian ganjil di suatu desa, umumnya disebabkan karena adanya makhluk gaib satu ini. Sehingga cerita dari mulut ke mulut menyebar bahwa misteri kematian tersebut sering dikait-kaitkan dengan adanya sebuah pertanda yang akan membuat siapa saja merasa ngeri mendengarnya karena tidak ada keraguan yang terjawab begitu saja ketika seseorang mulai memikirkan bagaimana harus melangkah melanjutkan keadaan tersebut menjadi lebih baik lagi tanpa adanya rasa takut berlebihan.

Sebagian besar orang mungkin masih merasa asing dengan istilah pulung gantung, namun dikalangan masyarakat Jogja khususnya daerah Gunungkidul nama pulung gantung cukup bikin miris. Apa itu pulung gantung? Pulung gantung di indentifikasikan sebagai makhluk halus yang sering muncul dimalam hari, terutama pada saat ada orang yang mati karena gantung diri.

Penampakan makhluk ini sering terlihat pasca adanya kematian mendadak di suatu desa, biasanya diwaktu maghrib dan malam hari akan mulai muncul makhluk yang melayang-layang di udara, dengan bentuk dan rupa menyerupai bola api namun cukup membuat orang takut. Hal ini menandakan masih ada kekuatan gaib disekitar tempat tersebut yang mengharuskan warga sekitar harus waspada dan selalu sigap kalau sampai terjadi hal buruk yang tidak di inginkan.

pulung gantung
Gambar ilustrasi: google.com

Cerita tentang orang meninggal disebabkan pulung gantung sangat banyak, di gunungkidul kasus kematian bunuh diri sering dikaitkan dengan makhluk halus tersebut. Salah satu ceritanya pernah saya tulis disini: http://www.tersakti.com/2013/12/kisah-nyata-cerita-orang-gantung-diri.html

Sedangkan untuk makhluk halus pulung gantung sendiri sering terlihat berdekatan dengan lokasi orang tersebut meninggal, biasanya dalam beberapa hari masih sering terlihat penampakannya di malam hari. Para warga mengusir makhluk tersebut dengan bunyi-bunyian dan berjaga malam bersama.

Wujud pulung gantung yang melayang menuju suatu desa juga dipercaya menandakan bahwa desa tersebut akan terkena musibah, dalam hal ini akan ada orang yang mati gantung diri. Oleh sebab itu dilarang bersedih hati terutama memendam masalah yang dapat menyebabkan seseorang sedih tidak berkesudahan sehingga menimbulkan keadaan yang kurang menyenangkan, sampai akhirnya ditemukan kembali hal baru yang mampu menjadi pertanda adanya kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk foto-foto dan wujud pulung gantung sendiri masih misteri, karena orang yang melihat pulung gantung tersebut memang tidak sempat mengambil gambar dan mengambil gambar makhluk tersebut. Namun mereka mengatakan melihat semacam benda bulat berekor dan menyala di langit. Kalau benda tersebut melayang-layang ke arah dusun tertentu, maka tidak berselang lama biasanya di dusun tersebut ada orang mati gantung diri.




loading...

1 comment: