Cerita Mistis Parangtritis




Pantai Parangtritis, tentu kita sudah mengenal nama pantai ini terutama bagi orang Jogja dan sekitarnya. Sebelum membahas tentang cerita mistis parangtritis maka kita akan mengulas tentang keindahan pantai ini, yang memang sangat indah dengan panorama alamnya, hamparan pasir halus sepanjang pantai akan menyambut kita ketika berkunjung kesana, dengan bibir pantai yang sangat luas kita tida hanya dapat menikmasi indahnya deburan ombak pantai, namun juga merasakan semilir angin laut di siang hari yang membawa kesejukan. Beragam hiburan lain juga disediakan untuk memanjakan wisatawan, mulai dari menunggangg kuda, volly pantai, permainan layang-layang, dan lain sebagainya.

Dibalik keindahan pantai Parangtritis ada cerita ghaib yang selalu menarik untuk dibahas, misalnya tentang kisah misteri hilangnya para pengunjung pantai yang terseret ombak. Tak jarang di pantai ini memakan korban, yaitu para wisatawan yang sedang berenang terseret ombak dan mati tenggelam terbawa arus.

Yang mengherankan, kadang jasad para korban tersebut tidak ditemukan pada hari mereka tenggelam, namun baru beberapa hari kemudian jasad tersebut terlihat di tempat yang tidak jauh dari lokasi hilangnya mereka. Hal ini yang menimbulka keyakinan bahwa mereka para korban tersebut di bawa oleh anak buah Nyi Roro Kidul sebagai penunggu pantai Parangtritis.

Seperti cerita dari salah seorang pengunjung yang selamat dari kecelakaan terseret ombak Parangtritis, menurutnya ketika dia sedang berenang dan mandi di pantai tersebut tiba-tiba air laut yang terasa menyeret kakinya sangat kuat ke arah tengah dan membawanya ke lautan seakan ada kekuatan lain yang mengendalikan ombak laut tersebut. Namun pada waktu itu dia memohon keselamatan pada Tuhan dan menyeru penunggu pantai tersebut yaitu Nyi Roro Kidul maka arus air laut yang kuar itupun serta merta pudar dan membiarkan tubuhnya kembali ke daratan.

Demikianlah sekelumit cerita mistis dibalik keindahan pantai Parangtritis yang berlokasi 25km di sebelah selatan Yogyakarya. Penulis sendiri pernah mencoba berenang di sana dan memang apabila kita mandi di sana ada perasaan untuk terus ke tengah dan ke tengah lautan. Seperti ada ajakan untuk terus ke tengah laut. Penulis juga heran, seperti tertantang melihat ombak laut yang indah, dan ingin merasakan gulungan ombak yang lebih dan lebih besar lagi.




loading...

0 comments:

Post a Comment