Pengertian Sedulur Papat Limo Pancer Lengkap




Tentu kita sudah tidak asing dengan pengertian sedulur papat limo pancer karena dalam kehidupan sehari-hari sangat sering mendengar kalimat ini, meskipun untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai hal tersebut rasanya tidak mudah. Memang selalu ada kendala dalam mempelajari suatu ilmu namun kalau hati sudah teguh dengan tekad yang kuat maka bukan tidak mungkin akan menemukan apa yang kita cari dengan kemapanan hidup dan keinginan kita sendiri. Dalam penjelasan kali ini akan kita kupas tuntas mengenai hal tersebut yang barangkali kurang mengundang minat pada awalnya, namun setelah mengetahui lebih jauh tersakti.com yakin bahwa anda akan mulai memahami apa maksud dari tulisan ini.

Sedulur papat limo pancer kakang kawah adi ari ari, kadang kita mendengar istilah tersebut namun masih belum tahu apa arti dari kalimat tersebut. Ada pula orang yang ingin tahu mantra sedulur papat limo pancer atau cara bertemu dengannya, nah apakah hal itu mungkin? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita belajar dahulu tentang pengetahuan diatas yang adalah istilah dalam kitab ilmu kejawen.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa dikenal adalah istilah sedulur papat lima pancer yang mana kepercayaan tersebut sangat populer sehingga kini. Istilah tersebut mengacu pada saudara bayi ketika lahir, atau biasa disebut dengan ari-ari.

Diantara nama-nama untuk sedulur papat adalah Watman, Wahman, Rahman, Ariman, dan limo pancer berarti si jabang bayi yang baru lahir tersebut.

Watman berarti “Wat” kondisi si Ibu yang sedang mengalami perasaan pertama untuk melahirkan, mengejan.

Wahman berarti kawah, jalan lahir, terbukanya jalan lahir.

Rahman berarti darah yang keluar.

Ariman berarti ari-ari atau plasenta yang keluar setelah si jabang bayi.

Banyak pendapat berbeda yang mengatakan bahwa topik diatas ternyata sekarang ini sudah tidak relevan apabila digunakan dalam kehidupan modern, namun menyangkal semua itu, tentu kita harus tetap memelihara budaya dan peninggalan nenek moyang sehingga tidak ada alasan untuk menjadikan hal itu sebagai beban hidup yang akan mengurangi minat kita dapat mempelajari segala sesuatu yang akan berdampak sangat serius pada keadaan hidup kita nantinya. Demikian yang dapat kita ulas kali ini dan mungkin akan banyak lagi tema tulisan menarik yang akan kita lihat, sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk menyerah dengan segala keadaan yang saat ini belum menunjukkan hasil yang baik.




loading...

5 comments:

  1. bagaimana caranya bisa mengenal sedulur papatn itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya sadulur papat itu ada 4,
      orang pada umumnya sudah memiliki 2 sedulur papat dalam dirinya,
      umumnya 2 sedulur papat lg hidup terpisah dr orangnya,
      tak perlu saling kenal mengena krn sedulur papat itu semuanya sudah kenal dengan kita sebagai pancernya :D

      Delete
  2. sedulur papat itu asal kebijakan kah? dan sedulur papat itu nafsu/dzat kah ? dan sedulur papat itu tidak terbatas kah klo mw berfikir?

    ReplyDelete
  3. Salam ki.papat limo pancer itu pedoman kita. Krn mereka dipilih d disucikn sm alloh. Mereka guru kita yg sejati. Kita bkn pilihan. Kita cm bljr hdp dari guru sejati kita agar bs jlni hdp dg urip sing sejati.

    ReplyDelete
  4. Saudara kita shirotnya...menuju jln yg lurus yg dilimpai nikmat ats ridho illahi. Kanjeng nabi saww. Sayidono a'li.sayidatono siti pertimah(zahro). Hasan d husein. Kita berpinayungan kpd pancer kita kanjeng mahdi ratu adil kang ginaep yaitu imam zaman. Merekalah yg mensyafaati. Sholu alla muhammad...

    ReplyDelete