Hitungan Hari Pernikahan Menurut Tanggal Jawa




Cara menghitung hari baik untuk pernikahan berdasarkan kalender Jawa adalah menggunakan dasar perhitungan weton dan neptu Jawa. Menentukan hari perkawinan yang baik dan bagus untuk menikah adalah hal penting menurut kepercayaan masyarakat Jawa, khususnya yang inging mendapatkan keberuntungan dari apa yang dia lakukan supaya terdindar dari hal sial dan aral yang melintang. Banyak yang menggunakan hitungan kalender Jawa ini untuk menentukan waktu-waktu penting seperti memulai usaha, pindah rumah, dan lain sebagainya. Penting untuk kita mengetahuinya supaya lebih paham mengenai apa yang menjadi ciri khas masyarakat Jawa dalam memulai sesuatu yang penting.

Bukan hanya memperhatikan hari dan tanggal saja, namun pada bulan tertentu dipercaya akan menimbulkan bencana apabila digunakan untuk melaksanakan moment penting sehingga bulan tersebut harus dihindari apabila tidak ingin menjadi orang yang tertimpa masalah dan bencana yang tidak di inginkan.

Dalam menentukan hari baik untuk melaksanakan pernikahan dikenal adanya perhitungan neptu yang merupakan gabungan dari hari dan tanggal Jawa yang akan menunjukkan saat tertentu dimana pada hari itu adalah waktu yang baik untuk melaksanakan perhelatan tersebut. Ketika kita tidak cocok dengan hari itu maka dapat mencari waktu lain yang tepat sesuai dengan saran dari orang yang paham akan perhitungan Jawa tersebut.

Bagaimana mencari hitungan yang baik tersebut? Terlebih dahulu kita harus paham tentang perhitungan Jawa. Apabila ingin mendapatkan saran yang baik maka akan lebih bagus kalau pergi ke tempat orang-orang tua yang tahu betul akan hal-hal yang berkaitan dengan budaya Jawa. Biasanya orang pintar tersebut akan memberikan saran yang tepat ketika ingin memulai acara tersebut.

Dalam blog ini juga pernah dibahas mengenai perhitungan tentang hari pernikahan, silakan baca lebih lengkap pada artikel ini: http://tersakti.blogspot.com/2013/10/cara-menentukan-hari-baik-untuk-menikah.html




loading...

0 comments:

Post a Comment