Doa Supaya Tetap Semangat Menjalani Hidup




Doa supaya tetap semangat menjalani hidup sangat penting guna mengembalikan rasa semangat belajar misalnya untuk para murid, dan menghilangkan rasa malas dalam melakukan aktifitas atau pekerjaan berat. Dalam menjalani kehidupan ini tidak ada yang lebih berat selain menyelesaikan urusan rumit dalam hidup, karena kadang beban hidup tersebut seakan semakin menghimpit dalam kehidupan kita. Kalau sudah dihinggapi rasa malas maka akan teramat sulit mengembalikan semangat untuk tetap maju dalam berkreasi.

Rupanya manusia memang selalu diliputi rasa bosan, jenuh, dan ingin sesuatu yang baru dalam kehidupan. Apalagi kalau kita terjebak dalam rutinitas harian yang membosankan, rasanya ingin pergi jauh dan piknik ke tempat yang belum pernah dikunjungi untuk mendapatkan inspirasi baru dalam menyelesaikan persoalan hidup.

Mengatasi hal tersebut memang bukan perkara mudah, ketika rasa ingin pergi itu muncul sayangnya harus tetap ada beban kerja yang di selesaikan. Maka tidak ada kemungkinan lain selain hanya mengeluh dalam hati karena tidak ada solusi untuk pekerjaan yang menumpuk. Hal itu akan membuat kita bosan bahkan mengalami stress akibat tekanan kerja yang tidak ada habisnya.

Mengembalikan semangat sebenarnya dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya dengan mencari suasana baru dalam hidup supaya tidak bosa. Dan berganti suasana dengan kebiasaan yang belum pernah dijalani. Ketika hal ini dilakukan maka akan ada penyegaran sehingga tidak ada lagi perasaan ingin pulang awal dari kerja atau ingin bolos sekolah.

Untuk menghindari rasa malas, dibawah ini adalah petikan doa yang dapat di amalkan untuk mengusir rasa malas dan jemu karena rutinitas yang tidak kunjung berhenti bahkan menghimpit hidup anda.

Berikut do’a yang pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Abu Ummamah :

Allohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazan wa a’uudzubika minal ’ajzi walkasai,  wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli, wa a’uudzu bika min gholabatid-daini wa qohrirrijaal.

“Ya Allah ya Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, aku berlindung kepada-Mu daripada sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud 4/353)

Dan yang terahir adalah do'a pamungkas ketika kita malas..."Allahumma Kansa" 




loading...

0 comments:

Post a Comment