Cerita Angker Pohon Resan disebuah Desa




Mungkin kita akan merasa asing apabila mendengar istilah 'resan' karena memang tidak semua orang mengetahui akan bahasa tersebut. Resan adalah sebuah pohon angker atau pohon yang dianggap memiliki penunggu ghaib dan biasanya pohon tersebut diberi sesaji pada waktu-waktu tertentu. Umumnya kepercayaan tentang adanya makhluk halus yang menghuni pohon resan ini masih berkembang didesa-desa terutama di Jawa.

Menurut penelitian penulis, disuatu daerah tepatnya daerah Yogyakarta, setiap dusun mempunyai satu pohon yang dianggap angker. Oleh masyarakat setempat, pohon tersebut dianggap wingit dan 'berpenghuni' malahan penunggu ghaib dari pohon tersebut dipercaya adalah yang mengendalikan sisi lain dari desa tersebut. Dengan kata lain, alam ghaib dari sebuah desa akan dikuasai oleh penghuni dari resan tersebut.

Tidak heran jika kemudian ada sesaji pada waktu-waktu yang dianggap tepat, dimana pohon tersebut diberi kain brwarna putih dan dilindungi dari gangguan manusia. Bahkan disekitar pohon tersebut akan dibuat pagar yang mengelilinginya sehingga tidak akan ada yang berani masuk kecuali sang juru kunci. Juru kunci tersebut adalah orang yang dipercaya dapat berkomunikasi dengan penghuni pohon angker tersebut, dia juga yang akan menjadi perantara ketika masyarakat setempat memiliki hajat atau masalah tertentu.

Pohon resan tersebut umumnya memiliki bentuk besar dan sangat rindang, sehingga kesan seram memang sangat kentara apalagi tidak ada orang yang berani mengusiknya. Maka, dahan dan akarnya akan semakin tumbuh tak terkendali. Pada waktu tertentu hanya sang juru kunci yang berani membersihkan sekitar pohon tersebut.

Apabila ditempat itu terjadi hal aneh atau ganjil yang melibatkan makhluk ghaib maka sang juru kunci akan berkomunikasi dengan penunggu dari pohon tersebut untuk mencari solusi yang tepat atas masalah tersebut. Misalnya ketika banyak daerah di sekitar tempat tersebut sering diganggu adanya penampakan manusia harimau, maka dipercaya makhuk yang mengganggu tersebut sebelumnya sudah minta ijin terlebih dahulu pada penunggu dari resan tersebut.

Cerita tentang keangkeran dari resan ini memang sudah turun-temurun dan dikenal semenjak zaman dahulu, tidak heran kalau masyarakat setempat sudah menganggap bahwa mempercayai adanya resan adalah menjadi adat didaerah tersebut sehingga tidak ada yang berani melanggar aturan tidak tertulis yang sudah turun-temurun itu.




loading...

0 comments:

Post a Comment