Mengetahui Sambil Memilih Bibit Jahe Merah yang Bagus




Mengenal lebih jauh seperti apa bibit jahe merah yang berkualitas memang amat penting terutama bagi Anda yang ingin menjalankan usaha budidaya tamana jahe. Dalam hal ini harus jeli dalam memilih bibit jahe yang bagus agar memberikan hasil panen yang tidak mengecewakan, untuk itu kali ini tidak ada salahnya apabila tersakti.com mengajak pembaca untuk sama-sama mengetahui seperti apa ciri ciri bibit jahe yang baik untuk ditanam sehingga menghasilkan panen yang lumayan bahkan dapat diandalkan sebagai tanaman obat yang dapat memberikan hasil cukup bagus dari segi materi bagi yang mengelola.

Mengetahui seluk beluk tanaman jahe mulai dari pemilihan bibit sampai menanam dan merawat yang baik merupakan modal penting sebelum kita memulai membudidayakan tanaman tersebut karena dengan pengetahuan yang cukup maka akan lebih mudah menjalankan apa yang sudah kita rencanakan terkait pemeliharaan tanaman agar diperoleh hasil panen yang melimpah. Ini yang kadang dilewatkan oleh mereka pelaku ukm atau yang ingin menanam jahe, yaitu mengetahui dasar pengetahuan dengan lengkap sebagai modal awal sebelum kita benar-benar terjun untuk melakukan bisnis ini. Karena bagi yang sudah mapan, omset bercocok tanam jahe merupakan hal besar yang dapat dijadikan sumber pendapatan bahkan untuk menciptakan lapangan kerja rasanya tidak sulit bagi yang sudah mendapatkan celah dalam bisnis ini.

Untuk itu, persiapan yang matang amatlah penting sebelum terjun kedalam suatu bisnis, tidak terkecuali dengan bisnis yang satu ini karena kalau kita ingin berhasil dalam suatu pekerjaan maka tidak boleh melakukannya dengan setengah hati. Memang harus berani berkorban untuk melakukan riset, mengembangkan sampai dengan perawatan berkala yang pastinya menyita waktu dan tenaga disamping pengeluaran rutin yang jumlahnya tidak sedikit. Namun kalau kita sudah menguasai bisnis dengan baik maka semua itu akan terbayar dengan hasil yang sangat memuaskan.

Adapun beberapa kita memilih bibit jahe unggul antara lain:
  1. Rimpang jahe atau bibit yang dipilih harus sehat, bebas dari hama dan serangga pengganggu yang akan merusak bibit tersebut kalau nanti ditanam. Memastikan hal ini memang harus dilakukan dengan pengujian yang mendalam, juga mengenali dari bentuk fisik memang penting.
  2. Ukuran rimpang atau bibit jahe yang dipilih harus sesuai standar sehingga akan menghasilkan tanaman baru yang sehat dan cukup ukurannya. Adapun syarat bibit yang baik antara lain mempunyai sedikitnya 3 mata tunas, dengan panjang 3-7 cm serta memenuhi kisaran berat 25-80 gram per potongnya.
  3. Rimpang jahe harus sehat, bersih dan tidak rusak.
  4. Tidak terlalu muda atau tua sehingga kesehatan bibit tersebut tetap terjaga. Dalam hal ini harus mengenal bibit yang sudah cukup usia sehingga siap untuk ditanam.
  5. Kecuali memilih bibit yang baik, perawatan yang benar untuk bibit yang sudah dipilih juga tidak kalah penting.
Selain beberapa opsi diatas memang banyak yang harus diperhatikan guna mendapatkan bibit jahe merah yang unggul dan siap ditanam. Dalam hal ini memang harus melibatkan orang yang sudah ahli untuk memberikan bimbingan dari mulai cara menanam yang benar, perawatan sampai masa panen yang baik. Dengan adanya pengawasan rutin dan perawatan berkala, maka tanaman jahe akan tumbuh dengan sehat dan dapat berkembang tanpa adanya hama pengganggu. Hal ini jelas akan mempengaruhi kualitas tanaman tersebut serta hasil panen yang melimpah kalau memang sudah tiba masanya.




loading...

0 comments:

Post a Comment