Berikut Ciri Ciri Tanaman Padi Terkena Hama Wereng




Bisa dikatakan bahwa hama adalah musuh utama para petani termasuk salah satu hama tanaman padi yang sangat sulit untuk dihilangkan yakni serangga kecil bernama wereng. Sudah menjadi perkara lumrah bahwa tanaman padi yang sedang tumbuh dan siap panen kadangkala terkena hama wereng coklat sehingga banyak petani gagal panen karena hal ini dengan alasan klasik tidak dapat membasmi wereng tersebut sehingga banyak padi tidak dapat memberikan hasil yang baik dalam keadaan tersebut. Setiap orang tentu menginginkan hasil panen yang melimpah sehingga apa yang dilakukan dapat berguna untuk orang lain termasuk bagaimana mendapatkan hasil yang banyak dengan bibit minim dan perawatan rutin secara berkala. Memang semua itu sudah direncanakan dengan matang sebelum mulai menanam padi, namun ketika ciri-ciri tanaman terkena hama wereng maka harapan hilang begitu saja karena tidak ada jalan lain untuk menghilangkan hama tersebut selain dengan cara biasa yang kadang tidak mempan untuk hama yang bandel.

Baik tanaman padi atau lainnya seperti jagung, ubi kayu dan jenis tumbuhan pangan lain sebenarnya sangat mungkin terserang hama. Namun karena padi adalah sumber makanan pokok bagi manusia maka tidak ada salahnya kita mengulas lebih baik disini dengan harapan dapat memberikan informasi berguna sehingga menambah pengetahuan kita seputar apa dan bagaimana seharusnya menyikapi adanya ancaman hama ini bagi para petani, tentunya langkah apa saja yang harus dilakukan agar padi tidak diserang hama wereng yang akan membuat resah para petani.

Percaya atau tidak, memilih bibit yang baik untuk tanaman padi dapat menentukan hasil panen kita nantinya, biasanya petani akan mencari bibit yang sesuai dengan keadaan alam disekitar tempat menanam padi. Misalnya untuk sawah dan ladang kering, tentu saja diperlukan bibit padi yang berbeda yang paling cocok dengan wilayah tersebut. Juga, perlakukan terhadap keduanya berbeda karena ladang basah dan kering akan memberikan hasil sangat baik ketika kita benar dalam melakukan perawatan sampai memilih bibit yang baik.

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya mengenai bibit jahe yang bagus maka dalam tulisan ini akan disinggung mengenai kebaikan suatu benih padi dan mengapa kita perlu memahami lebih banyak mengenai hal tersebut. Ini penting, ketika kita hendak mengelola tanaman padi maka segala hal yang berkaitan dengan tanaman tersebut patut kita ketahui, salah satu alasannya adalah ketika di kemudian hari ada hama yang merusak tanaman kita maka dapat melakukan tindakan yang benar untuk menyelamatkan hasil panen agar tidak terlalu merosot.


Ciri ciri tanaman padi yang diserang hama wereng dapat dilihat dari warna kekuningan dari batang badi tersebut, pertumbuhan terhambat dan tanaman menjadi kerdil. Ketika padi sudah dirawat dengan baik maka seharusnya tumbuhan tersebut akan tumbuh dengan baik sehingga batang dan daun akan hijau segar, namun tidak demikian ketika hama wereng datang. Tanaman padi seakan kehilangan sari hidupnya, menguning, kering dan tidak segar sama sekali

Pada tahap yang lebih parah, tanaman padi yang terkena hama wereng akan mengalami perubahan yang sangat kentara, kondisi tanaman mengering, ketika dicabut maka bagian akar tumbuh semacam jamur yang akan membuat akar menjadi rapuh dan akhirnya padi akan mati. Hal ini akan terlihat ketika hama wereng sudah menghabiskan tanaman padi tersebut sampai pada keadaan yang sangat parah.




loading...

0 comments:

Post a Comment