Ciri Khusus Bunga Teratai Lengkap




Memang tidak banyak orang mengetahui seperti apa ciri khusus teratai dan fungsinya karena memahami ciri ciri bunga teratai ini harus memerlukan pemahaman mendalam seperti halnya percobaan berlanjut sehingga ditemukan keadaan yang tepat untuk menggambarkan karakteristik dari bunga tersebut sampai kita menemukan tanda pasti dalam mengidentifikasi bunga dengan segala tanda yang dimilikinya. Dalam hal ini harus ada keinginan untuk memulai sebuah percobaan sehingga kita akan semakin dihadapkan pada keinginan untuk mendapatkan hal pasti dari keadaan tersebut karena semua yang terjadi tentu saja harus melalui perasaan yang sama sampai akhirnya ditemukan keadaan yang tepat dari apa yang hendak kita ketahui. Dalam menyampaikan pendapat mengenai bunga ini juga tidak sama ketika kita mencoba suatu hal baru dalam percobaan lain misalnya mengamati ciri khusus bebek seperti yang pernah dilakukan dalam tulisan terdahulu. Karena jelas ada perbedaan mendasar yang akan menjadi penentu bagaimana kita menyampaikan hal tersebut secara terang sehingga semua orang akan mencoba keadaan terbaik dalam hidupnya sendiri sampai akhirnya apa yang di inginkan kemudian menjadi kenyataan.

bunga teratai

Melihat lingkungan tempat pertumbuhan bunga teratai akan kita temukan kesimpulan bahwa jenis bunga ini tumbuh seperti terlihat mengapung diatas air. Dalam keadaan biasa maka orang akan mengira bahwa tumbuhan tersebut memang mengapung dan hidup dengan cara mengambang, namun perlu diketahui sebenarnya yang mengapung hanyalah bagian bunga dan daun teratai saja. Sedangkan akar dan batang teratai yang menjulur akan mencengkeram kuat sampai ke dasar air. Hal inilah yang menyebabkan tanaman ini dapat bertahan hidup meskipun seperti tumbuh pada permukaan air, karena bagian akar akan mencari sumber makanan dalam dasar air yang tidak dapat kita lihat kalau hanya sepintas.

Bentuk daun teratai adalah lebar dan tipis, fungsi utama dari daun untuk melangsungkan terjadinya fotosintesis yang cepat, dan bantuan bentuk lebar maka hal tersebut dapat terjadi sangat baik apalagi kalau ada cahaya matahari yang mencukupi, maka penyerapan sinar matahari akan lebih efektif. Tekstur daun yang tipis dan lebar ini juga mempermudah terjadinya penguapan yang akan menguntungkan dalam hal pertumbuhan bunga itu sendiri.

Beberapa ciri khusus teratai:

  1. Bentuk daun yang lebar dan tipis
  2. Adanya semacam lapisan pembersih pada daun, yang akan membantu kotoran terlepas
  3. Bunga dan daun mengapung dia atas air
  4. Terdapat rongga udara halus pada batang teratai, yang membantu menyalurkan oksigen dari daun ke batang dan akar
Dengan memahami beberapa karakteristik teratai diatas tentu kita dapat melihat bahwa cara hidup bunga ini memang sangat unik. Dengan batang dan akar yang menjulur sampai dasar air, maka bunga dan daun tetap dapat mengapung sehingga memperoleh pasokan oksigen dan sinar matahari yang cukup untuk melakukan fotosintesis. Ini sangat langkah dan tidak semua tumbuhan punya keadaan hidup yang demikian, sehingga kita patut untuk memahami lebih banyak mengenai bunga ini dengan harapan dalam membantu menambah wawasan akan tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar kita.




loading...

1 comment: