Doa Menyembunyikan Aib Sendiri dari Orang Lain




Keadaan buruk diri sendiri yang mungkin secara tidak sengaja dilakukan akan membuat orang banyak mengerti bahwa doa menyembunyikan aib sendiri agar tidak diketahui orang lain akan berguna karena kita dapat melakukan apa saja yang mungkin berguna namun tidak akan berpengaruh pada sebuah solusi dari masalah yang pernah dilakukan demi mencapai tujuan hidup tertentu. Hal ini tidak buruk mengingat apa yang pernah kita lakukan mungkin mendatangkan banyak kemungkinan sehingga akan timbul kesempatan untuk memperbaiki segala kesalahan yang pernah terjadi, namun demikian selalu ada masalah baru yang datang ketika kita hendak melakukan kebaikan terhadap sesama. Ini kadang terjadi tanpa disengaja sehingga menimbulkan kebingungan dalam diri sehingga apa yang dilakukan menjadi tidak fokus serta masalah dapat datang kapan saja tanpa diduga. Cara keluar dari masalah dan menutup aib diri sendiri adalah dengan berbuat baik kepada sesama dan membenahi diri sehingga akan terlihat penyesalan atas apa yang pernah kita lakukan demi solusi dari masalah sendiri yang tidak akan berguna ketika tidak di iringi dengan tindakan nyata dalam menyampaikan segenap penyesalan atas hal tersebut.

Secara sengaja atau tidak, kita pasti pernah melakukan perbuatan salah yang akan membuat malu diri sendiri atau orang lain dan ini terjadi bukan tanpa pengetahuan ayah ibu atau keluarga sendiri. Hal ini akan menyebabkan perasaan malu yang tidak sedikit dan membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri untuk memulai kembali sesuatu yang tadinya sudah pernah dia lakukan dan akan berkembang menjadi sifat pesimis sehingga semua hal akan nampak tidak baik dimata orang yang tidak lagi mempunyai semangat untuk hari esok. Ini tidak baik ketika dibiarkan berlanjut, sehingga apa yang tadinya dilakukan akan berdampak pada kemunduran dalam diri dan semua kebaikan akan berubah menjadi hal buruk yang tidak patut kita ingat kembali.

Meskipun banyak usaha untuk meyakinkan orang bahwa kita telah berubah dan tidak lagi melakukan hal yang sama namun tidak mudah memperbaiki penilaian orang yang terlanjur mengingat bahwa kita adalah sosok orang dengan sikap tidak terpuji yang pernah melakukan kesalahan besar. Sehingga meyakinkan hal tersebut kepada orang lain akan berguna dengan tindakan nyata sehingga akan memberikan kembali kepercayaan penuh kepada orang lain dalam waktu tertentu karena hal itu akan penting untuk kita lakukan demi kebaikan bersama dimasa depan setelah apa yang terjadi mungkin tidak membuat kita tenang untuk berbuat kepada orang lain.

Menghilangkan aib yang pernah dilakukan tidak mudah, namun dapat dicoba dengan berbuat baik pada sesama dan jangan lupa berdoa mohon kemudahan atas niat tulus kita untuk berubah lebih baik dari sebelumnya

Ada banyak cara sebagai bentuk dari usaha kita dalam membangun kembali rasa percaya orang lain kepada kita dan memberikan hal baik pada sesama yang mungkin dilakukan sebagai pembayaran terhadap kesalahan yang pernah kita lakukan pada lingkungan sekitar. Sehingga akan mudah memberikan rasa yakin meskipun pada awalnya terlihat sangat berat namun dengan niat serius hal tersebut akan dapat dijalankan dengan seksama dan membuat orang lain mengerti bahwa kita memang tidak seperti yang mereka bayangkan sehingga akan mulai memahami keadaan diri kita yang sekarang ini untuk kebaikan hidup dimasa mendatang.




loading...

1 comment:

  1. ilmu pelet agar cewek suka saama saaya yang baik digunakan apa??
    dan pantangannya apa saja gan?
    terimakasih

    ReplyDelete