Cara Mempertajam Mata Batin agar Lebih Peka




Cara mempertajam mata batin agar peka terhadap keadaan sekeliling memang tidak dapat dilakukan dengan waktu cepat karena dengan adanya latihan rutin untuk mendapatkan penglihatan batin yang tajam menyebabkan kita memiliki kelebihan diantaranya indera ke-enam akan tambah peka dengan segala hal yang berkaitan alam gaib serta kehidupan manusia pada umumnya. Hal ini tidak dapat diperoleh begitu saja karena apa yang terjadi kadang keinginan kuat untuk menambah ilmu pengetahuan namun tidak didukung dengan keadaan dalam diri karena semua hal akan berdampak pada peningkatan kemampuan untuk mengembangkan ilmu sehingga dapat memberikan manfaat pada diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Inilah yang kadang tidak kita sadari ketika datang sebuah keadaan dimana orang lebih memilih untuk mencapai tujuan dalam hidup maka dapat dipastikan bahwa hal itu adalah kemungkinan untuk mendapatkan segala keadaan dengan keinginan diri sendiri.

Salah satu cara mendapatkan mata batin yang tajam serta peka dengan segala bentuk perubahan dalam hidup dapat dilakukan dengan meningkatkan latihan secara rutin sehingga kita mengetahui dengan baik sampai dimana kemampuan diri untuk menempatkan keadaan paling sesuai sehingga semua hal akan dapat berjalan seperti rencana yang telah disusun jauh kemudian hari. Sangat tidak mungkin segala keinginan dapat terwujud dengan sendirinya tanpa adanya campur tangan orang lain sehingga kita dapat mencapai tujuan baru dalam hidup untuk mendapatkan kebaikan dimasa yang akan datang. Dalam hal ini orang kadang lebih memilih untuk diam dengan segala kemungkinan kecuali sudah mendapatkan kebaikan dalam diri mereka sampai pada batas yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menjadikan mata batin peka dan tajam dapat dilakukan dengan tips:

  1. Selalu berbuat baik pada sesama
  2. Meningkatkan kadar keimanan kita
  3. Rendah diri dan tidak suka pamer ilmu kepada orang lain
  4. Memahami dengan baik hakekat dari kehidupan ini
  5. Mempelajari segala aspek dalam hidup termasuk kehidupan spiritual
Ada hal lain yang mungkin tidak mudah dilakukan untuk mencapai tingkatan tertentu sehingga memperoleh ketajaman mata batin, yaitu beratnya perubahan yang harus dilakukan ketika kita sudah nyaman dengan situasi tertentu, maka melakukan kebaikan walau sedikit kadang terasa berat. Hal ini wajar karena tidak ada hal yang akan terasa ringan ketika kita masih punya ambisi dan kurang ikhlas dalam hati. Maka melatih sikap ikhlas dan rela menolong memang perlu dilakukan untuk kebaikan dimasa depan dan memperoleh mata hati yang jernih jauh dari sikap tidak terpuji.


Ketika kita selalu mendekatkan diri pada Tuhan dan berbuat baik dalam setiap langkah hidup maka hati akan semakin jernih jauh dari pemikiran tidak baik dan segala sikap tidak terpuji seperti iri, dengki dan sombong. Hal ini akan membuat mata hati kita semakin indah dan mampu menerima segala perubahan dalam hidup termasuk merasakan hal-hal kecil yang sangat halus namun akan dapat dirasakan hanya dengan hati.

Mata batin akan semakin jernih dan dapat merasakan bisikan halus dalam hati hanya dengan cinta kasih dan ikhlas dalam menerima segala hal dalam hidup ini

Sebaliknya, ketika mata batin seseorang tertutup oleh urusan dunia yang tidak ada habisnya dan ambisi untuk mendapatkan harta sehingga menempuh segala cara maka sulit membedakan mana yang baik dan mana jalan salah yang seharusnya tidak dilalui. Akan semakin baik kalau kita menjaga sikap, perkataan dan tingkah laku sehingga terhindar dari keburukan dan keadaan akan semakin terjaga karena perilaku kita dimasa lalu akan berpengaruh pada nasib masa mendatang yang akan kita lewati.




loading...

0 comments:

Post a Comment