Doa Menguatkan Ingatan Belajar agar Tidak Mudah Lupa




Doa menguatkan ingatan anak dalam belajar tentu saja akan berguna ketika kita ingin melatih seorang anak agar selalu rajin mempelajari materi pelajaran dan betapa pentingnya manfaat doa agar tidak mudah lupa dengan pelajaran di sekolah dimana kita sebagai orang tua tidak dapat mengawasi anak secara mendalam apalagi ketika sedang berada dilingkungan sekolah. Dalam hal ini akan lebih baik kalau dapat memberikan semacam materi pelajaran kepada sang anak sehingga dimudahkan dalam menyelesaikan pelajaran apalagi sedang ingin mendapatkan kebaikan dari semua materi yang diajarkan oleh guru sehingga akan memberikan dampak baik bagi masa depan sang anak terutama dalam melatih daya ingat supaya tidak mudah melupakan apa yang diberikan dalam bangku pelajaran sekolah.

Sebagai bapak dan ibu dan si anak tentu kita menginginkan yang terbaik untuk dirinya, dimana dalam mencerna pelajaran akan selalu dihadapkan pada beberapa masalah yang akan menghambat proses belajar mengajar. Namun menanamkan pentingnya untuk menimba ilmu bagi sang anak sangat penting supaya si dia mampu memperoleh semua hal penting yang diperlukan dalam hidupnya sehingga dapat menjadi bekalnya kelak apabila sudah memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar anak:

  1. Pengaruh lingkungan yang menyebabkan anak malas belajar
  2. Kurangnya bimbingan dan dukungan dari orang tua, biasanya karena ortu terlalu sibuk dalam pekerjaan
  3. Anak kurang fokus pada materi karena beberapa pengaruh misalnya bermain-main
  4. Faktor lingkungan sekolah dan pergaulan yang kurang tepat
Sebenarnya masih banyak faktor yang secara langsung maupun tidak akan berpengaruh pada kualitas belajar anak dimana kita sebagai orang tua kadang kurang peka dengan keadaan tersebut sehingga menimbulkan banyak kekurangan dimasa depan dimana tidak ada lagi hal baru yang dapat diperbaiki untuk mendapatkan apa yang sepantasnya bagi anak dimana harus dilakukan koreksi ulang atas semua masalah tersebut sehingga akan berdampak pada keinginan mencapai tujuan akhir dari proses pendidikan.

Berdoa dengan sungguh-sungguh memohon kemudahan dalam belajar dan menyelesaikan semua soal dengan baik akan memberikan ketenangan dalam berpikir, menciptakan ide baru dalam pelajaran. Doa tersebut dapat kita susun menggunakan kalimat sendiri asalkan di imbangi dengan usah ayang serius

Banyak orang menginginkan perubahan dalam dirinya sehingga berharap lebih untuk mendapatkan kemajuan yang bermakna, namun hal itu terasa sulit dilakukan ketika kita tidak mendapatkan kemajuan apa apa karena kadang apa yang dirasa penting malah luput dari ingatan sehingga pelajaran yang ada akan menyebabkan kita sulit fokus untuk mengerti segala materi pelajaran yang ada. Dalam hal ini memang harus berlatih untuk membagi waktu dengan baik sehingga semua usaha akan berdampak baik pada sang anak, dan kalau kita sendiri sebagai orang yang ingin mendapatkan kemajuan dalam belajar maka dapat diartikan sebagai keinginan untuk memperoleh semua hal karena tidak ada orang yang ingin memperbaiki apa yang ada dalam dirinya sementara masih ada orang lain yang ingin mendapatkan kebaikan dari masalah tersebut sehingga akan lebih baik kalau dapat berbagi kesulitan sehingga menemukan solusi dari apa yang belum dimengerti selama ini.

Sekarang ini juga semakin mudah untuk mendapatkan informasi sebagai pendukung untuk proses belajar sehingga memudahkan bagi anak dan orang tua yang ingin menambah wawasan misalnya dengan memanfaatkan media internet untuk berbagi dan mencari informasi. Namun dalam hal ini juga harus mampu mengontrol diri sehingga apa yang dipelajari memang bertujuan baik dan akan bermanfaat suatu hari nanti sehingga dapat menyaring segala hal baik dan buruk yang mungkin kita temui saat belajar.




loading...

0 comments:

Post a Comment