Doa Menagih Hutang agar Berhasil Jarak Jauh




Perasaan jengkel dan kesal pasti selalu ada ketika kita tidak berhasil menagih hutang pada seseorang, bahkan sampai mengamalkan doa menagih hutang agar berhasil dan orang yang berhutang tidak menolak keinginan untuk membayar kewajibannya tersebut, namun masih belum membuahkan hasil seperti yang di inginkan. Ada banyak macam cara menagih hutang yang baik dari jarak jauh sedangkan orang yang mempunyai hutang pada kita jarang bertemu bahkan tidak pernah menampakkan batang hidungnya lagi. Selalu ada alasan untuk menghindar ketika seseorang tersebut tidak mau melunasi hutangnya pada kita, hal ini akan menciptakan rasa tidak menyenangkan apalagi kalau kita juga sedang memerlukan uang untuk keperluan lain sedangkan duit kita masih tertahan dalam hutang tersebut.

Banyak cerita orang gagal menagih hutang padahal orang yang pinjam uang sudah diberikan kelonggaran waktu cukup lama namun tetap sulit untuk membayar uang yang seharusnya sudah dilunasi semenjak jauh hari sebelumnya. Ini adalah perkara lumrah bahkan menjadi derita tersendiri ketika seseorang meminjamkan uang pada seseorang. Meminjam uang kada lebih mudah daripada menagih, ada perasaan tidak enak kalau sudah sering minta dibayar namun masih belum diberikan juga. Padahal sama-sama membutuhkan, banyak keperluan yang harus dilunasi namun tidak menemukan keadaan pasti sehingga akan lebih baik kalau kita mencari ilmu menagih hutang ampuh sehingga orang tidak akan dapat mengelak ketika kita minta hutangnya dibayar saat itu juga.

Yang bikin kita jengkel, kadang sudah diberikan tenggang waktu cukup lama dan yakin bahwa orang yang meminjam uang tersebut sudah mampu membayar hutangnya namun tidak ada niat untuk melunasi hutang tersebut. Ada saja alasan tidak masuk akal yang dia kemukakan, hal ini terjadi umumnya karena melihat bahwa kita masih mampu mencari uang lagi sehingga dianggap tidak perlu segera membayar hutangnya kepada kita. Kalau dibiarkan seperti ini tentu akan membuat kita jengkel, hutang sampai kapanpun memang harus dilunasi sehingga orang akan dengan mudah mengingat bahwa dia masih memiliki hutang namun tidak mau membayarnya.

Beberapa tips menagih hutang agar berhasil:

  1. Menagih hutang dengan cara baik-baik dengan niat tulus
  2. Mampu meyakinkan orang yang berhutang
  3. Datang kepada orang tersebut dengan niat baik dan sopan, sehingga tidak terkesan memaksa atau memakai cara kekerasan
  4. Menjaga sopan santun dan menghormati orang yang berhutang
  5. Mengemukakan alasan yang tepat bahwa kita sedang membutuhkan uang tersebut untuk keperluan penting
  6. Membuat perjanjian yang jelas sebelum meminjamkan uang, sehingga saat menagih kita punya alasan kuat
  7. Berdoa
Dan berikut doa yang dapat diamalkan ketika hendak berangkat menagih hutang:


Membaca kalimat afirmasi berikut ini saat hendak berangkat menagih hutang : INNANAA AAMANNAA sebanyak 7 kali, dilanjutkan menarik nafas dalam-dalam, kemudian membaca kembali kalimat tersebut sekali sampai melangkah dan menoleh ke arah pintu, baca terus sampai ke rumah orang yang berhutang. Insya Allah dengan niat tulus keinginan untuk menagih hutang akan berhasil kalau memang orang yang berhutang sudah mampu membayarnya, maka dia tidak akan beralasan lagi.

رَبَّنَا إِنَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Robbanaa INNANAA AAMANNAA Faghfirlanaa Dzunuubanaa Wa-qina 'adzaabannar..

Artinya: 
"Wahai Tuhan kami!, sesungguhnya kami telah beriman, maka berilah ampunan atas segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka". (Q.S. Ali 'Imran ayat 16). 

Yang perlu kita ingat sebelum berangkat menagih hutang adalah niat untuk menemui orang tersebut dengan cara baik-baik sehingga tidak menimbulkan salah paham atau bahkan pertengkaran karena masalah hutang. Seringkali kita merasa rikuh kalau yang meminjam uang adalah kerabat atau teman dekat sendiri. Ini dapat diatasi dengan berkata jujur mengatakan alasan anda saat ini yang sedang memerlukan uang dan minta dia untuk mengusahakan secepatnya untuk membayar hutangnya tersebut untuk keperluan penting yang sangat mendesak. 




loading...

1 comment: