Penyebab Merinding Tiba-Tiba Secara Medis Lengkap




Mungkin akan menjadi sebuah pertanyaan yang selalu terbayang kalau kita tidak mencari tahu apa penyebab merinding secara medis yang berhubungan dengan kesehatan karena penjelasan ini akan lebih masuk akal daripada mengetahui sebab merinding tiba tiba kalau dikaitkan dengan dunia gaib, misalnya ketika kita melewati tempat angker kemudian bulu kuduk seperti berdiri dan merasakan sensasi takut bercampur cemas. Inilah yang kadang menjadi tanda tanya tersendiri ketika seseorang ingin mendapatkan penjelasan dari dalam dirinya mengapa dia dapat merasakan hal itu dengan sangat tidak disengaja bahkan ketika seseorang sedang ingin mendapatkan hal baru dalam hidupnya.

Bukan hal asing apabila kita mengalami merinding ini sering sekali dikaitkan dengan kejadian ganjil dalam lingkungan sekitar atau merinding menjadi isyarat dari kehadiran makhluk halus disekitar kita. Ini memang susah dijelaskan karena selalu ada versi tersendiri yang mengatakan bahwa kejadian ini adalah sebagai reaksi dari adanya kehadiran energi lain disekitar kita yang tidak terlihat oleh mata namun dapat dirasakan dengan seksama oleh tubuh kita. Sehingga akan lebih baik kalau mencari tahu lebih jauh mengenai hal ini dengan berbagai pertimbangan sehingga tidak menimbulkan rasa salah paham dengan apa yang sudah terjadi dan kadang membuat kita merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut.

Kondisi merinding dan bulu pori-pori yang berdiri secara mendadak dapat terjadi sebagai reaksi dari adanya pelepasan hormon adrenalin yang memicu peningkatan aliran darah ke otot-otot di sekitar pori-pori. Ini akan menyebabkan perubahan secara nyata sehingga dapat dirasakan sebagai bentuk dari adanya perubahan perasaan dalam diri kita.

Merinding terjadi sebagai reaksi yang berkaitan dengan keadaan primitif seseorang dalam sistem limbik otak, yang kemudian akan menjadi reda dengan sendirinya karena tubuh dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar sehingga keadaan kita terasa lebih nyaman seperti sediakala. Dengan demikian akan timbul rasa aneh dalam tubuh yang kita sebut sebagai merinding dan ini kadang disertai dengan perubahan tertentu yang terasa berbeda pada setiap orang.

Perubahan suhu lingkungan misalnya udara yang terasa dingin menyebabkan tubuh menggigil sebagai bentuk dari reaksi spontan untuk menyesuaikan dengan suhu lingkungan, dampaknya adalah tubuh menjadi lebih hangat dan keadaan kembali normal karena sudah dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Adaptasi ini kadang dapat ditandai dengan bulu-bulu halus yang berdiri secara refleks sehingga nampak sebagai orang yang merinding.

Kondisi merinding dapat pula terjadi sebagai respon fisiologis terhadap rasa takut seperti munculnya keringat atau peningkatan denyut jantung. Kadangkala hal ini juga dapat mengakibatkan seseorang merasa seperti berdebar dan ada sensasi cemas berlebihan sehingga muncul pikiran macam-macam dan mungkin inilah yang seringkali dikaitkan dengan rasa takut karena adanya gangguan makhluk halus.

Sedikit penjelasan diatas mungkin dapat menjadi gambaran tersendiri bagi kita mengapa kadangkala merasa merinding tanpa sebab dan ini terjadi berulang kali, tidak perlu khawatir karena itu adalah refleks tubuh kita sebagai bentuk dari respon terhadap perubahan lingkungan sekitar. Perasaan takut yang berlebihan misalnya ketika berjalan sendirian di malam hari dan melewati tempat yang dianggap angker juga dapat menyebabkan timbulnya reaksi ini karena tubuh beradaptasi sebagai reaksi spontan yang merupakan bentuk perlindungan tubuh kita dari gangguan yang tidak disengaja.




loading...

0 comments:

Post a Comment