Ajian Bujang Ganong Sebagai Cara Mencari Mantra Guru Sejati




Mungkin kita masih sedikit asing ketika mendengar sebutan ajian bujang ganong, karena memang ilmu mencari guru sejati dalam diri sendiri maupun ajian ini masih banyak yang belum mengetahuinya, ketika kita mendengar tentang istilah tersebut justru yang terlintas dalam benak adalah hal lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan ilmu kanuragan maupun ajian sakti yang pernah ada dan mungkin pernah dipelajari orang semenjak zaman dahulu. Memang demikian adanya, mencari sesuatu yang merupakan warisan leluhur tidak akan mudah apalagi sangat minim kajian yang dapat kita jadikan bahan pelajaran sehingga perlu menelusuri lebih jauh keadaan seseorang sebelum menyimpulkan akan kebenaran dari amalan tersebut karena semua hal yang ada kaitannya dengan keilmuan akan memberikan kebaikan dalam diri kita kalau dimanfaatkan dengan benar.

Bujang ganong, ketika kita mendengar kalimat ini maka yang terpikir adalah sebuah tradisi dan seni budaya yang menjurus pada seni tari atau kebudayaan dari daerah tertentu. Memang benar, sebuah tarian atau seni reog ponorogo seringkali menampilkan adegan dengan semacam barong atau topeng dengan lambang wajah yang membuat sebagian orang merasa seram melihatnya. Namun di imbangi dengan gerakan-gerakan tertentu dan seni gamelan, justru kesan angker tersebut berubah lebih menarik dan memberikan nilai hiburan yang sangat diminati masyarakat. Tidak heran kalau kemudian seni reog dengan penampilan seperti ini banyak ditonton dan selalu mendapatkan sambutan yang sangat meriah ketika sedang pentas.

Sedangkan ilmu guru sejati atau belajar mantra mencari guru sejati dalam diri akan memberikan pemahaman yang sangat mendalam apabila kita renungkan dengan seksama karena cara bertemu guru sejati atau sedulur sejati yang selalu menemani kita kemana saja akan memberikan jalan terang apabila kita mampu meresapi setiap makna yang terkandung dalam tahapan tersebut. Sehingga seseorang akan merasa sangat tenang karena telah mengetahui rahasia terbesar dalam kehidupan dan mampu berbicara dengan ruh atau teman sejati dalam dirinya. Hal ini akan membuat kita menjadi sosok yang penuh dengan ketenangan, wibawa dan kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri sehingga semua hal akan terasa lebih yakin untuk dilakukan, dengan kemampuan kita sendiri yang akan membawa keadaan lebih baik dari sebelumnya.


Ilmu Guru Sejati

Menyelami dalamnya renungan dalam diri akan membuat kita merasa telah jauh melangkah meninggalkan keraguan dalam hidup sehingga menciptakan suasana hati yang tenang, mampu mengendapkan segenap masalah dan beban hidup yang tidak akan berguna. Dengan adanya pengendalian diri yang baik akan menyebabkan manusia menjadi lebih tenang, emosi spiritual lebih stabil dan mampu membedakan mana yang baik dan tidak sehingga dalam pengambilan keputusan akan tepat karena sudah berpedoman pada keyakinan diri dan yakin akan kebesaran Sang Pencipta.

Lelaku prihatin, tirakat dan mencari jati diri akan membuat kita menjadi jernih jiwa raga sehingga semua yang terang akan lebih terlihat dan apa yang menjadi kendala akan mulai dapat diselesaikan dengan baik. Ini memerlukan waktu dan ketenangan jiwa dalam mendengarkan bisikan suara sejati dalam diri yang akan menuntun kita menuju keputusan tepat dalam melangkah sehingga semua yang di kehendaki akan mulai terlihat dengan jelas, misteri hidup ini akan menjadi mudah untuk dilewati sehingga tidak ada lagi masalah besar yang membelit namun sebaliknya, semua akan mudah dijalani karena keyakinan akan kebesaran Tuhan semakin mantap dalam diri. Sehingga tidak ada lagi keraguan dalam melangkah membawa diri menapaki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Lantas bagaimana cara atau mantra untuk mencari guru sejati? Guru sejati atau teman sejati dalam diri sendiri adalah setiap bisikan hati nurani kita sendiri yang kadang disebut juga sebagai sedulur alus atau sesuatu yang selalu membuat kita yakin dalam menentukan keputusan, menimbang dan memilah mana yang baik dan tidak. Sehingga kalau untuk mencari hal tersebut dikembalikan lagi pada masing-masing orang, dalam merenungkan arti kehidupan ini dan memberikan makna dalam setiap langkah hidup akan membuat kita semakin jelas melihat seperti apa wujud dari guru sejati yang akan membuat kita tenang dan jiwa tenteram.




loading...

0 comments:

Post a Comment