Skip to content

Cerita Hantu Penunggu Pohon Asem yang Selalu Meminta Wadal

Sebuah pohon asem besar yang mungkin usianya sudah sangat tua mempunyai banyak kisah diantaranya cerita hantu penunggu pohon asem tersebut yang mana selalu meminta korban nyawa manusia atau selalu minta wadal, hal ini sudah terdengar semenjak zaman dahulu dan turun temurun sehingga banyak orang percaya bahwa pohon tua tersebut memang angker dan memiliki penunggu dari kalangan makhluk halus. Biasanya orang akan lebih memilih untuk mencari aman, dengan mengikuti apa mitos yang berkembang dari daerah tersebut yang dikatakan oleh penduduk setempat, yang mana ketika kita melintas dekat pohon asem tersebut menggunakan kendaraan bermotor jangan lupa untuk menghidupkan klakson.

Memberikan tanda dengan klakson berarti kita meminta izin kepada hantu penunggu pohon asem tersebut bahwa kita hendak melintas daerah tersebut, agar tidak ada gangguan dan aral ditengah jalan. Apalagi untuk orang asing atau pengendara yang berasal dari luar kota, konon karena mereka tidak menyalakan klakson karena tidak tahu atau sengaja, maka banyak diantara mereka yang mobil atau motornya mogok saat melintas pohon asem yang letaknya tepat di simpang pertigaan sebuah desa tersebut. Memang banyak cerita menarik kalau kita simak, karena segala hal yang terjadi di dekat tempat tersebut selalu dikaitkan dengan mitos yang berkembang di masyarakat terutama mengenai penunggu gaib atau jin dan hantu yang ada disekitar pohon tersebut. Sehingga banyak orang takut sampai tidak ada nyali untuk kembali melintas tempat tersebut karena beranggapan bahwa akan mengalami musibah yang tidak terduga saat kita melewati daerah tersebut.

Ada banyak cerita yang berkaitan dengan hal gaib dan selalu dihubungkan dengan penunggu pohon asem. Misalnya ketika ada kecelakaan beruntun yang melibatkan satu mobil dan tiga sepeda motor, di dekat pohon tersebut. Dan yang menyebabkan kecelakaan tersebut di duga adalah mobil oleng karena sopir mengantuk, ketika sampai di tanjakan mendadak dari lawan ada ada motor dan terjadilah kecelakaan, sedangkan dibelakang mobil ada dua motor lainnya yang ikut melanggar mobil tersebut. Mobil adalah pengendara dari luar kota, sehingga banyak yang mengatakan bahwa hal itu melibatkan penunggu pohon asem yang meminta korban jiwa, pasalnya kecelakaan tersebut dan juga yang lainnya sering terjadi dalam waktu tertentu, yaitu menjelang malam jumat kliwon. Dimana penunggu dari pohon asem keluar untuk mencari nyawa sebagai makanannya.

Penduduk setempat juga pada waktu tertentu selalu menyediakan semacam sesaji dibawah pohon asem, mungkin ini awal mula yang menyebabkan pohon tersebut ada penunggu gaibnya. Karena masyarakat setempat sangat percaya akan adanya jin yang tinggal dalam pohon tersebut kemudian benar-benar datang sehingga membuat suasana tambah seram. Apalagi batang pohon yang besarnya mencapai diameter 1 meter lebih dengan dedaunan yang rindang menambah kesan angker dan seram dari pohon tersebut. Tidak heran banyak orang memilih menghindari jalur tersebut ketika sudah lewat maghrib sehingga mereka memilih jalan lain akhirnya jalur tersebut menjadi lengang kalau sudah malam hari.

Demikian sekelumit cerita tentang pohon asem yang memang memiliki kesan seram sehingga tidak jarang kalau kita melihat pohon ini maka akan timbul pikiran yang bermacam-macam sampai akhirnya orang memilih percaya pada mitos yang berkembang. Akan kebenaran dari cerita tersebut tentu dapat kita sikapi dengan bijak, mana yang patut dipercaya dan mana yang kira-kira hanya mitos. Sehingga kita tidak menjadikan beban pada apa yang sebenarnya tidak terlalu penting dan kehidupan akan tetap berjalan dengan lancar penuh rasa damai tanpa adanya perasaan takut karena hantu dan sejenisnya.




loading...