Skip to content

Arti Taburan Garam di Depan Pintu Rumah, Kenapa Menabur Menyan Membuat Jin Takut?

Banyak orang salah menganggap arti taburan garam di depan rumah yang sebenarnya mengenai tujuan dan maksud dari ritual tersebut, misalnya sebuah pertanyaan umum yakni kenapa jin takut sama garam? Kadang kita beranggapan bahwa hantu dan setan akan takut pada taburan garam atau kemenyan di depan pintu rumah atau disekitar pekarangan rumah sehingga semua hal tersebut dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk mengusir kekuatan jahat yang ada di lingkungan tempat tinggal, energi negatif atau hal tidak baik tersebut dapat terjadi karena teluh, santet, atau niat jahat seseorang yang dengan sengaja mengirimkan makhluk halus untuk mengganggu penghuni rumah sehingga tidak akan merasa nyaman dengan keberadaan hal gaib tersebut.

Beragam anggapan yang berkembang di masyarakat sehingga kemudian berlanjut menjadi mitos, dipercaya turun-temurun seakan menjadi keharusan sehingga orang akan percaya bahwa apa yang dilakukan tersebut memang benar, dan kalau kita menjalankan hal tersebut dapat berdampak buruk bahkan membawa petaka bagi orang bersangkutan. Ini sama sekali bukan perkara baru, ketika kehidupan disekitar kita masih dipengaruhi oleh beragam kepercayaan sehingga membawa hal tidak di inginkan yang kadang sama sekali tidak kita inginkan akan terjadi. Sehingga orang akan lebih memilih mencari tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana seharusnya bersikap untuk mengatasi hal tersebut sehingga apa yang selama ini kita anggap sebagai sebuah kepercayaan akan membawa perubahan baru dalam hidup dan semua akan kembali kita nikmati saat kita mampu membawa semua itu menjadi lebih baik pada akhirnya.

Ada salah satu kepercayaan di mata masyarakat bahwa dengan menabur garam disekitar rumah dapat mengatasi gangguan makhluk halus dan kekuatan negatif yang akan mengganggu penghuni rumah. Sehingga kadangkala kita melihat simbah atau seseorang yang menabur garam tepat di depan pintu depan rumah dengan harapan apa yang dikhawatirkan akan hal negatif tersebut tidak terjadi, ini akan membuat kita heran kalau kita belum pernah melihatnya. Namun ketika kita sudah menjalani hal tersebut dengan seksama sampai akhirnya menjadi sebuah kebiasaan maka bukan tidak mungkin semua itu akan kita anggap biasa bahkan tidak ada yang aneh dengan semua itu.

Maksud orang menabur garam di depan rumah, adalah untuk menakuti jin, mengusir roh jahat dan menangkal adanya niat tidak baik seseorang yang ingin membuat celaka si penghuni rumah

Setelah kita mengetahui duduk persoalan dari apa yang dibahas dalam tulisan ini tentu lambat laun akan memahami apa yang sebenarnya dimaksudkan dari ritual menabur garam tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal buruk karena jin atau makhluk yang hendak mengganggu kita, namun demikian tentu ada tata cara tertentu sehingga hal itu tidak dapat dilakukan sembarangan apalagi bagi orang yang masih awam sehingga tidak menimbulkan kesalahan yang justru dapat menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan kita.

Pertanyaan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah, mengapa jin takut pada taburan garam tersebut?

Menjelaskan pertanyaan diatas tentu tidak mudah, kita harus memahami terlebih dahulu beberapa mitos dan kepercayaan yang berkembang di masyarakat. Misalnya seseorang yang percaya bahwa dengan menabur garam atau abu dapur bahkan benda lainnya seperti tanah pekarangan dapat mempengaruhi hal tertentu kaitannya dengan hal mistik. Ini memang tidak dapat disangkal, jin akan takut dengan garam tersebut karena mitos yang berkembang atau kuatnya sugesti seseorang sehingga niat baik dan disertai doa akan membawa kebaikan dan apa yang kita harapkan dapat terkabul. Asalkan, kita perlu ingat bahwa tidak boleh musyrik dan melakukan sesuatu hanya karena Tuhan Sang Pencipta saja, karena kita menjalani hidup ini dengan segala ketentuan memang sudah diatur, dan tidak dapat dilawan maupun diprotes. Akan lebih baik jika kita bisa menerima dengan ikhlas semua itu sehingga segala hal buruk tidak akan terjadi, sebaliknya akan membawa kebaikan dalam hidup kita dalam waktu mendatang sehingga kita akan menjalani semuanya dengan perasaan aman, tenteram dan damai tanpa perasaan khawatir atau takut akan hal-hal yang sifatnya mitos.



loading...