Skip to content

Niat Mengganti Puasa Ramadhan, Doa Qadha untuk Membayar Hutang Puasa

Mungkin kita sudah tidak asing dengan bacaan niat mengganti puasa ramadhan dimana hal tersebut kadang menjadi kebingungan bagi mereka yang hendak mengetahui doa membayar hutang puasa ramadhan dimana orang wajib untuk melakukan puasa qadha atau puasa ganti kalau memang kita tidak melaksanakan puasa ramadhan dengan lengkap. Dalam hal ini tentu ada tatanan dan bacaan tertentu sehingga apa yang kita jalankan adalah sah dan mendapatkan kebaikan untuk tujuan yang baik pula. Sehingga orang patut mengetahui bagaimana niat berbuka puasa ganti atau puasa qadha sehingga kita tidak lagi memiliki tanggungan atau hutang puasa apalagi sudah menginjak ramadhan berikutnya.

Yang demikian ini tentu dialami banyak orang, apalagi saat ini sudah masuk menjelang dimana bulan ramadhan sudah akan kita jalani lagi, di tahun ini tentu akan lebih baik kalau kita tahu cara membayar hutang puasa ramadhan dengan cara yang benar dan baik sehingga akan berdampak pada pengetahuan kita yang meningkat dan bagaimana kita menyikapi keadaan tersebut dengan seksama. Memang pada dasarnya apa yang dilakukan harus berlandaskan pada pengetahuan yang cukup, sehingga orang tidak akan kehilangan arah ketika hendak menuju pada satu titik dimana hal itu dapat berlangsung dengan seksama sehingga apa yang kita inginkan dapat terlaksana, bagaimanapun itu akan lebih baik seandainya orang kemudian memiliki pandangan tersendiri akan apa yang dihadapi dimasa mendatang yang akan berdampak pada keinginan kita untuk melaksanakan puasa ganti maupun puasa senin kamis yang akan membawa kebaikan pada akhirnya.

Bagi mereka yang sudah mengetahui niat puasa qadha tentu tidak menjadi masalah karena hal ini akan memudahkan kita untuk melaksanakan puasa sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan, namun demikian akan lebih baik kalau kita menelaah kembali bagaimana alur dan tata cara yang baik dalam melaksanakan hal itu sehingga semua akan kembali pada keadaan selanjutnya dimana orang akan mulai memahami apa yang kita jalankan sehingga akan berdampak pada kebaikan dalam berbagai urusan. Yang mana orang akan mulai memahami semua itu dan tentunya akan membawa kita pada keadaan yang lebih baik lagi sehingga apa yang dilaksanakan akan memberikan manfaat dan mendatangkan kebaikan yang lebih lagi.

Berikut ini bacaan niat puasa ganti atau puasa qadha:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى 

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

 Artinya: Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Semua yang kita lakukan akan lebih baik kalau dilandasi dengan niat yang baik dan benar, sehingga akan memberikan kebaikan yang lebih baik lagi nantinya. Demikian pula sebelum melaksanakan puasa untuk membayar hutang puasa wajib di bulan ramadhan, akan lebih baik kalau kita mengetahui dengan seksama apa yang hendak dilakukan dan bagaimana bacaan doa niat puasa ganti ramadhan tersebut sehingga kita lebih lega karena dapat memahami dengan pasti apa dan bagaimana seharusnya menjalankan puasa tersebut yang baik dan benar sehingga tidak ada keraguan lagi dalam hati akan apa yang kita laksanakan yang mungkin akan membawa perubahan dimasa mendatang. Yang demikian ini akan membawa ketenangan dalam hati kita karena semua yang dilakukan akan mulai menampakkan hasil maksimal apalagi kalau kita mengerti dengan seksama bagaimana seharusnya menjalankan setiap keadaan sehingga semua akan membaik pada waktunya dan mendatangkan kebaikan dalam waktu dekat sehingga tidak ada orang yang akan memikirkan hal yang kita lakukan yang kadang masih terasa kurang sempurna.




loading...