Skip to content

Cara Menghitung Weton Jawa Berdasarkan Angka Hari dan Pasaran

Membahas mengenai cara menghitung weton jawa berdasarkan penjumlahan angka hari dan pasaran memang sangat menarik, rasanya masih banyak yang belum memahami bagaimana hitungan jawa tentang pernikahan, pindah rumah dan lain sebagainya yang menentukan seseorang untuk memulai sesuai berdasarkan khasanah jawa atau ilmu kejawen sehingga orang akan lebih memilih untuk memulai segalanya berdasarkan apa yang sudah dipahami sebelumnya, apalagi itu untuk orang jawa dan bagi mereka yang mengerti akan ilmu leluhur sehingga sangat sulit meninggalkan hal tersebut. Dalam rangka mengkaji ulang serta menambah wawasan kita seputar hitung-hitungan Jawa untuk mengetahui hari baik, hari sial, atau hari yang cocok untuk memulai sesuatu tidak lepas dari perhitungan hari dan pasaran. Hal ini sudah dirumuskan dalam suatu tabel sederhana yang kalau kita gabungkan akan ketemu weton atau neptu pada hari tersebut.

Memang tidak semua orang memahami akan seluk beluk aturan tidak tertulis yang kadang sangat rumit versi orang Jawa karena meskipun kita tidak mengetahui dengan pasti namun selalu ada semacam rambu yang tidak boleh dilanggar meskipun sebagai orang awam kita tidak mengetahui akan aturan tersebut. Ini menjadi dasar dari perhitungan banyak orang mengenai apa dan bagaimana seharusnya menyikapi pasaran jawa serta ulasan yang akan menentukan kemana arah jalan yang harus dilewati agar terhindar dari aral melintang dan bahaya yang tidak di inginkan.

Hitungan Jawa ini penting bagi masyarakat Jawa dalam menentukan saat yang tepat sebelum melaksanakan suatu hal besar. Misalnya untuk mengetahui arah mana yang tepat untuk berjalan ke suatu tempat. Maka kita dapat menentukan kesialan atau arah pantangan yang harus dihindari untuk mencegah aral pada hari tersebut. Tidak ada yang menyangka bahwa semua yang perlu diketahui sudah diatur secara mendalam pada sebuah tabel hitungan weton dan primbon jawa yang kalau diperhatikan akan membuka wawasan kita dalam menyelami dalamnya samudera pengetahuan akan hal tersebut, kadang kita terlalu risau untuk memikirkan apa yang harus dilakukan namun memang itu adanya dari apa yang tertuang dalam kitab jawa sehingga kalau ingin mempelajari maka harus mulai dari urutan pertama hingga selesai sehingga mendapatkan apa yang kita inginkan seperti keadaan yang sangat baik.

Berikut ini adalah gambar tabel yang menunjukkan masing-masing hari dan pasaran yang memiliki angka tertentu dan menjadi dasar dalam mencari neptu jawa atau jumlah weton seseorang:

Gambar dibawah ini menunjukkan tabel perhitungan hari dan pasaran berdasarkan kalender Jawa. Untuk mengetahui jumlah neptu atau weton Jawa, maka kita tinggal menjumlahkan hari dan pasaran pada hari tersebut.

Cara Menghitung Neptu Jawa

Misalnya hari hari Kamis Pahing, maka perhitungannya adalah:
Kamis: 8
Pahing: 9
Jadi neptu untuk hari kamis pahing yaitu: 17

Sebenarnya kalau diurutkan sangat banyak cara perhitungan hari pasaran jawa ini karena banyak sekali ilmu pertanian dan ilmu lain yang berlandaskan pada neptu jawa. Sehingga kita dapat mengembangkan untuk berbagai keperluan misalnya dalam hal mencari waktu yang tepat untuk memulai usaha serta mencari jalan yang baik ketika hendak merantau atau pindah penduduk. Luasnya pengetahuan jawa menyadarkan kita bahwa tidak hanya ilmu pengetahuan lain yang dapat dikaji namun ternyata dalam mempelajari budaya daerah juga sangat banyak hal penting yang dapat kita petik sebagai pelajaran dalam menentukan apa dan bagaimana perhitungan tersebut akan dilanjutkan. Ini sangat luas dan tidak ditentukan oleh hal kecil saja, melainkan sangat menarik kalau dibahas dalam berbagai keadaan sampai kita menjadi hafal akan hal tersebut dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin kita masih belum menemukan apa maksud sebenarnya dari angka-angka jawa dan perhitungan seperti contoh diatas, namun demikian akan mudah untuk memahami apabila sudah mengerti dengan perlahan sehingga tidak ada lagi kejadian bingung yang akan membuat kita merasa seperti kehilangan arah untuk menentukan kemana membawa diri untuk menjadi lebih baik lagi terutama menyikapi hal-hal yang ada kaitannya dengan mitos dan apa saja yang mungkin akan membuat kita lebih mengerti dengan seksama apa yang seharusnya dilakukan demi mendapatkan kebaikan dari semua keadaan tersebut.

Setelah membahas sedikit mengenai apa dan bagaimana perhitungan jawa ketika dikaitkan dengan hari baik atau buruk maka diharapkan dapat memberikan sedikit pencerahan dalam hati kita sehingga membuka pengetahuan untuk lebih banyak belajar dari orang lain maupun dalam mengikuti arus budaya masyarakat supaya tidak ketinggalan dengan orang sekitar. Ini peting ketika kita membaur dengan warga maka dapat mengikuti setiap apa yang berlaku sebagai aturan dalam masyarakat tersebut meskipun tidak tertulis secara formal namun dapat kita pahami dengan baik.



loading...