Skip to content

Apa Itu Tirakatan: Lelaku Tirakat dan Artinya

Tirakat itu apa? Kadang pertanyaan ini muncul membuat kita ingin tahu apa itu tirakatan beserta arti sebenarnya, karena tidak semua orang mengerti arti tirakatan atau istilah ini sehingga perlu penjelasan lebih mendalam untuk mengenalnya dengan seksama.

Seringkali kita mendengar ajakan seseorang untuk melakukan tirakatan, menjelang hari-hari penting atau waktu tertentu yang dianggap bersejarah. Misalnya seorang teman yang mengajak tirakat menjelang hari kemerdekaan, untuk mengenang jasa para pahlawan jaman dahulu adalah dengan lelaku tirakatan di malam hari, bukan malah dengan kembang api atau hura-hura. Ajakan ini tentu pernah kita dengar, sehingga akan selalu teringat ketika kita mengetahui hal tersebut sampai akhirnya penasaran sendiri dengan makna pengertian tirakatan yang sebenarnya.

Pengertian tirakat

Dalam wawasan yang lebih mendalam, kita mengenal adanya lelaku tirakat yang sering dijalani menjelang perjuangan penting atau ketika hendak memiliki hajat besar. Misalnya seorang calon pemimpin yang melakukan tirakat dan berdoa memohon semoga dimenangkan dalam pemilihan umum.

Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara lelaku tirakat dengan masing-masing agama, misalnya dalam Islam diajarkan untuk melaksanakan puasa dan berdoa sebagai wujud dari lelaki prihatin atau tirakatan memohon kepada-Nya agar hajat dan keinginan kita dikabulkan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia: Tirakat adalah upaya menahan hawa nafsu atau berpantang terhadap sesuatu

Dalam pengertian menurut ilmu supranatural: Tirakat atau tirakatan adalah upaya untuk memperdalam doa atau mantra, dalam hal ini adalah proses mengasah doa sehingga mendapatkan kejernihan batin dan pencapaian ilmu seperti yang diharapkan

Manfaat tirakat

Seseorang yang senantiasa melakukan tirakat dan olah jiwa sehingga rajin mengasah ilmu batinnya maka akan mendapatkan ketenangan jiwa, akan mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Ketenangan hidup yang akan membuat hati selalu tenang, mampu bersyukur dan menerima apa yang terjadi dalam hidup ini dengan penuh ikhlas. Mencapai tingkatan ini memang tidak mudah, karena bermacam cobaan hidup seperti harta dunia dan kekayaan kadang membuat seseorang lupa akan kenikmatan hidup yang sebenarnya. Sehingga jiwa dipenuhi sifat serakah dan ambisi, dalam hal ini akan sulit mendapatkan ketenangan meskipun senantiasa bergelimang harta.

Pada waktu-waktu tertentu yang dianggap penting seseorang juga biasa melakukan tirakatan, misalnya ketika mendapatkan tugas penting, beban pekerjaan yang harus diselesaikan dan tanggung jawab yang berat. Maka orang akan berdoa dan tirakat, umumnya di malam hari sebagai wujud doa dan permohonan jalan kepada Sang Pencipta sehingga berharap akan mendapatkan jalan terang untuk menyelesaikan segenap kesulitan tersebut dengan baik.

Lelaku tirakat juga dilakukan sebagai wujud rasa prihatin terhadap suasana hidup, misalnya seseorang yang sedang menghadapi ujian berat dalam hidupnya, sedang dalam masalah besar dan sebagainya. Dia akan sering melakukan tirakat di malam hari, berdoa memohon kemudahan pada-Nya sehingga apa yang diharapkan dana terkabul, dan keadaan sulit semoga segera berakhir.

Dalam pengertian lebih lanjut, ada bermacam wujud dan cara melaksanakan lelaku tirakat ini. Ada yang melakukannya dengan cara tidak tidur di malam hari sambil berdoa, ada yang melakukan puasa tertentu dengan tujuan untuk menjernihkan jiwa, ada yang bersemedi, bertapa dan lain sebagainya. Selengkapnya mengenai pembahasan ini akan tersakti.com kupas tuntas dalam pertemuan mendatang. Untuk itu, silakan ikuti terus pembahasan dalam website ini karena akan ada bermacam topik menarik lainnya yang akan kita ketengahkan untuk menghilangkan rasa penasaran.



loading...
Published on Categories RITUAL