Skip to content

Pengertian Pesugihan, Contoh Pesugihan Putih dan Akibatnya

Pengertian pesugihan lebih lanjut memberikan pemahaman pada kita bahwa pesugihan adalah suatu upaya mendapatkan harta dan uang dengan cara-cara tertentu yang umumnya tidak wajar, dan dilakukan secara gaib atau melibatkan hal-hal yang berhubungan dengan alam gaib. Hal ini tidak menutup kemungkinan kalau pelaku pesugihan tersebut juga bekerja sama dan menggunakan jasa makhluk halus bahkan mereka sendiri rela melakukan semacam perjanjian gaib dengan makhluk tersebut.

Banyak dari kita yang masih awam mengenai contoh pesugihan putih dan apa itu pesugihan, maka kali ini kita akan membahas secara pintas tentang definisi atau arti pesugihan. Adanya istilah pesugihan atau ngalap berkah tidak lepas dari permasalahan ekonomi masyarakat yang umumnya sedang mengalami kesulitan hidup secara material, dan minimnya pengetahuan tentang bekal ilmu agama yang masih lemah.

Hal inilah yang mendasari banyak orang kemudian berlari untuk mencari uang dan harta dengan cara-cara yang tidak biasa. Karena sulitnya mencari pekerjaan, tuntutan hidup yang semakin berat dan minimnya benteng keimanan menyebabkan orang terjerumus dalam ikatan dan ritual pesugihan.

Karena tuntutan ekonomi dan kesulitan hidup, tak jarang banyak orang yang menempuh jalan pintas untuk mendapatkan kekayaan, dan hal itu dilakukan melalui cara-cara yang tidak lazim misalnya bersekutu dengan jin, setan, serta makhluk halus lainnya.

Secara umum, pengertian pesugihan adalah usaha mencari kekayaan duniawi dengan jalan pemujaan serta melakukan ritual tertentu yang melibatkan pengorbanan atau tumbal, yang biasanya dilakukan ditempat-tempat angker, wingit, dan mempunyai penunggu.

Contoh-contoh lelaku pesugihan

Ritual pesugihan bukan hanya dilakukan oleh orang kaya saja, namun hampir semua lapisan masyarakat menempuh jalan sesat ini untuk mendapatkan kekayaan melimpah, yang sebenarnya sangat bertentangan dengan ajaran agama.

Dengan melakukan perjanjian tertentu dan melakukan pengorbanan, memang uang atau materi akan datang secara tidak lazim, karena mampu menjadi kaya mendadak. Namun ada yang bilang kalau sebenarnya mencari pesugihan itu sama saja dengan memakan rezeki atau jatah harta anak cucu kita kelak, karena umumnya mereka yang mencari kekayaan lewat pesugihan ini memang keturunannya akan mengalami sengsara dalam hidup.

Beberapa contoh pesugihan diantaranya:

  1. Babi ngepet
  2. Memlihara buto ijo
  3. Pesugihan gunung kemukus
  4. Pesugihan jaran merintih
  5. Pesugihan tali pocong
  6. Dsb

Diantara beberapa jenis pesugihan diatas tentu kita sudah tidak asing lagi, karena sangat populer dan cerita yang berkembang di masyarakat mengenai hal itu juga sangat santer. Namun ada orang berpendapat bahwa ada pula sejenis pegusihan putih yang tidak memerlukan tumbal, selengkapnya simak dalam tulisan terdahulu tentang: doa penglaris dagangan, baca disini

Akibat pesugihan

Beberapa akibat dari melakukan pesugihan:

  1. Bertentangan dengan agama
  2. Mendatangkan kesialan
  3. Banyak yang berpendapat, melakukan pesugihan sama saja mengambil rezeki dan harta anak cucu kita, sehingga kelak mereka akan hidup sengsara akibat dari ulah kita

Harapan kita, semoga masyarakat semakin teredukasi dengan banyaknya pengalaman dan ilmu yang rasional. Sehingga korban dari adanya persekutuan dengan makhluk halus dan hal-hal musyrik seperti pesugihan akan berkurang bahkan dengan benteng keimanan kita yang semakin kuat maka hal seperti itu dapat kita hindari. Sehingga orang akan lebih rasional dan menggunakan cara yang tepat dalam mencari harta dan rezeki yang berkah untuk orang yang kita sayang.



loading...